Menko Airlangga Sebut Kalimantan Utara Lokasi Pengembangan Industri Hidrogen

Sabtu, 18 Juni 2022 - 16:04 WIB
loading...
Menko Airlangga Sebut Kalimantan Utara Lokasi Pengembangan Industri Hidrogen
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto usai menandatangani peresmian gedung Fakultas Kedokteran Uniba Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu (18/6/2022). Foto/iNews TV/Mukmin Azis
A A A
BALIKPAPAN - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengisi kuliah umum di Universitas Balikpapan (Uniba), Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu (18/6/2022).

Dalam pemaparannya, Airlangga mengatakan Uniba, diharapkan mampu memberi peran terhadap pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.



Di sisi lain, Airlangga juga menyinggung industri hidrogen yang disiapkan untuk menggantikan batu bara dan migas pada masa yang akan datang.

Kalimantan Utara, diharapkan jadi salah satu lokasi pengembangan industri hidrogen di Tanah Air. Bahkan, industri hidrogen Tanah Air, diprediksi bakal jadi industri dengan ongkos produksi paling rendah di ASEAN.

“Hidrogen nantinya juga bisa ditransportasi dalam bentuk gas maupun cair, bahan bakunya adalah air,” kata dia.

Airlangga juga menyinggung pemindahan ibu kota negara yang saat ini sedang diupayakan pemerintah. Dia menilai, pemindahan ibu kota merupakan solusi mengurangi beban DKI Jakarta, yang saat ini kian berat.

Di sisi lain, pemindahan Ibu Kota Negara ke Kalimantan Timur diyakini juga mampu memeratakan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi, yang selama ini terpusat di Pulau Jawa.



Airlangga menyebut, pertumbuhan ekonomi Kalimantan Timur memang lebih rendah ketimbang nasional, yakni 3,21 persen dengan kontribusi hanya 8 persen.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6549 seconds (0.1#10.140)