Menko Airlangga Beri Kuliah Umum di Uniba, Gagas Pembangunan Hydro Power Penunjang IKN

Sabtu, 18 Juni 2022 - 15:34 WIB
loading...
Menko Airlangga Beri Kuliah Umum di Uniba, Gagas Pembangunan Hydro Power Penunjang IKN
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto saat mengunjungi Universitas Balikpapan (Uniba), Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu (18/6/2022). Foto/iNews TV/Mukmin Azis
A A A
BALIKPAPAN - Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menginginkan akademisi kampus-kampus di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara dapat berkontribusi dalam pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara melalui pengembangan hdyro power sebagai energi listrik dari berbahan air.

Airlangga menyampaikan hal inisaat memberikan kuliah umum di hadapan mahasiswa Universitas Balikpapan (Uniba), Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu (18/6/2022).

Baca juga: Airlangga Dorong Pesantren Lahirkan Santripreneur

Dalam pemaparannya terkait pembangunan IKN Nusantara melalui pengembangan hdyro power sebagai energi listrik dari berbahan air, Ketua Umum Partai Golkar itu menjelaskan, wilayah di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara memiliki potensial sumber daya alam (SDA) yang melimpah dari aliran air sungai.

"Di Kalimantan Utara contohnya, dengan Sungai Kayan mampu menghasilkan energi air untuk listrik 10-12 ribu MW," kata Airlangga.

Dia menerangkan, IKN Nusantara di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur akan dibangun dengan mengedepankan konsep energi hijau dan bersih. Sementara Kalimantan Utara memiliki potensial hydro power yang dapat mendukung pembangunan IKN.

"Green hydrogen sangat diperlukan dimasa depan dan bisa ditransportirkan dalam bentuk gas atau cair. Untuk itu kampus-kampus di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara seperti Uniba dapat memiliki Center of Hydrogen karena hydrogen ini masa depan minyak dan gas bumi," paparnya.

Baca juga: Airlangga Tegaskan Komitmen Pemerintah Lindungi IKM

Sementara itu, Rektor Uniba Isradi Zainal menyatakan kampusnya menjadi salah satu yang intens untuk mengisi apa saja yang dibutuhkan bagi pengembangan IKN.

"Terkait visi Green, Smart dan Sustainable energi baru terbarukan Uniba yang terdepan karena bekerja sama dengan Persatuan Insinyur Indonesia dan asosiasi profesi lainya," kata Isradi Zainal.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1988 seconds (10.55#12.26)