Reshuffle, Jokowi Lantik Zulkifli Hasan dan Hadi Tjahjanto jadi Menteri

Rabu, 15 Juni 2022 - 14:39 WIB
loading...
Reshuffle, Jokowi Lantik Zulkifli Hasan dan Hadi Tjahjanto jadi Menteri
Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melakukan reshuffle kabinet, dua menteri langsung diganti yakni Menteri Perdagangan dan Menteri ATR. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melakukan reshuffle kabinet , dua menteri langsung diganti yakni Menteri Perdagangan dan Menteri ATR.

Meteri tersebut yang diganti yakni Menteri Perdagangan yang dijabat Muhammad Lutfi diganti oleh Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan. Kemudian Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Sofyan Djalil digantikan oleh mantan Panglima TNI Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto.



Reshuffle ini berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 64P tahun 2022 Tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Kabinet Indonesia Maju, dan dilakukan pelantikan pada Rabu, (15/06/2022).

Selain mengangkat Zulkifli dan Hadi Tjahjanto, Jokowi juga mengangkat tiga Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju. Masing-masing Sekretaris Dewan Pembina PSI Raja Juli Antoni sebagai Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). Ia menggantikan Surya Tjandra yang sesama kader PSI.

Kemudian, Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dijabat John Wempi Wetipo digeser menjadi Wakil Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Lalu Sekjen Partai Bulan Bintang (PBB) Afriansyah Noor ditunjuk menjadi Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker).

Pengangkatan ketiganya berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 24M Tahun 2022 Tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju.

"Bersediakan saudara-saudara untuk diambil sumpah menurut agama masing-masing?," kata Presiden Jokowi saat Pelantikan Menteri dan Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju Sisa Maja Jabatan Periode Tahun 2019-2024, Rabu (15/6/2022).

"Bersedia," kata menteri dan wakil menteri. Presiden Jokowi lalu melanjutkan dengan mengambil sumpah jabatan.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung memastikan bahwa reshuffle kabinet yang akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) bukan hal yang tiba-tiba. Pramono mengatakan, reshuffle kabinet itu sudah direncanakan secara matang dan melalui diskusi yang panjang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2429 seconds (0.1#10.140)