Keren, Penyandang Disabilitas Buat Kain Batik Motif Virus Covid-19

Rabu, 24 Juni 2020 - 06:51 WIB
loading...
Keren, Penyandang Disabilitas Buat Kain Batik Motif Virus Covid-19
Sekelompok penyandang disabilitas di Kabupaten Blitar membuat kreasi kain batik dengan motif Virus Covid – 19. (Foto/Inews TV/Robby Ridwan)
A A A
BLITAR - Sekelompok penyandang disabilitas di Kabupaten Blitar membuat kreasi kain batik dengan motif Virus Covid – 19. Melalui hasil karyanya ini mereka ingin menyampaikan pesan bahaya sekaligus pentingnya pencegahan penyebaran Virus Corona pada masyarakat luas.

Ide pembuatan kain batik ini berawal dari rasa keprihatinan melihat masih rendahnya kesadaran warga untuk melakukan social distancing. Sehingga kain batik dengan motif Virus Covid - 19 ini sengaja dipilih. (BACA JUGA: Rapid Test di Pasar Hewan Pamotan, 5 Orang Reaktif)

Dalam kain batik ini, pola bentuk Virus Covid -19 juga sengaja dibuat saling berjahuan. Hal itu mengandung makna tentang edukasi kepada masyarakat agar selalu menerapkan jaga jarak sosial.

Meski baru dibuat dalam 3 hari saja namun sejumlah pesanan dari instansi pemerintahan dan swasta sudah mulai berdatangan. Kain batik dengan motif Covid - 19 ini dijual dengan harga Rp150 ribu saja.

“Selain itu, dalam sehari 2 hingga 3 kain batik bermotif ini mampu diproduksi. Semua hasil penjualan kain batik ini nantinya akan digunakan untuk pembiayaan hidup 26 penyandang disabilitas yang tergabung dalam kelompok harapan mulia,” kata Rita Sukirni selaku Ketua Kelompok Harapan Mulia, Selasa (23/6/2020). (BACA JUGA: Brigjen Pol Dadang Hartanto Resmi Jabat Wakil Kepala Polda Sumut)

Rita mengatakan meski dalam keterbatasan, namun para penyandang disabilitas ini berharap apa yang mereka lakukan dapat mengajak masyarakat untuk mencegah penyebaran Virus Covid-19.
(vit)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1794 seconds (0.1#10.140)