Geledah Markas Khilafatul Muslimin Lampung, Polisi Temukan 4 Brankas Berisi Uang Rp2 Miliar

Sabtu, 11 Juni 2022 - 14:16 WIB
loading...
Geledah Markas Khilafatul Muslimin Lampung, Polisi Temukan 4 Brankas Berisi Uang Rp2 Miliar
Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Polda Metro Jaya, Kombes Pol Hengki Haryadi. Foto: Yus/SINDOnews
A A A
LAMPUNG - Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum), Polda Metro Jaya, kembali melakukan penangkapan terhadap dua orang tersangka Khilafatul Muslimin di Teluk Betung, Bandar Lampung.

Penangkapan dipimpin langsung oleh Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Polda Metro Jaya, Kombes Pol Hengki Haryadi. Dalam penangkapan itu, polisi menemukan brankas berisi uang miliaran rupiah.

"Kedua tersangka berperan sebagai pelaksana operasional organisasi, dengan peran masing-masing turut membantu perbuatan pidana tersangka utamanya, yaitu pimpinan tertinggi Khilafatul Muslimin," katanya, Sabtu (11/6/2022).

Baca juga: 2 Tokoh Penting Pelaksana Operasional Khilafatul Muslimin di Lampung Dibekuk

Berdasarkan informasi yang diperoleh, ditemukan 4 brangkas besi, di mana 3 berukuran sedang, dan 1 berukuran besar berisi uang tunai dengan jumlah yang cukup fantastis, yaitu lebih dari Rp2 Miliar.

Polisi juga turut mengamankan dokumen-dokumen tertulis yang menunjukkan praktik penyebaran faham khilafah yang bertentangan dengan Pancasila.

Diketahui, Khilafatul Muslimin mengklaim dirinya adalah organisasi masyarakat yang berlandaskan keagamaan, serta sejalan dengan ideologi Pancasila. Namun, belakangan polisi mengungkapkan fakta sebaliknya.

Baca juga: Cerita Kepala Desa Karang Sari Ditawari Jadi Panglima Khilafatul Muslimin

Berdasarkan hasil penyelidikan dan penyidikan, Khilafatul Muslimin mengajarkan para pengikutnya pemahaman khilafah yang mengancam persatuan dan kesatuan bangsa.

Hingga saat ini penggeledahan masih berlangsung, semua barang bukti yang diamankan akan dibawa ke Polda Matero Jaya untuk dilakukan penyidikan lebih lanjut.
(san)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1858 seconds (11.210#12.26)