2 WNI Ditahan di Papua Nugini selama 5 Hari Akhirnya Dipulangkan

Jum'at, 10 Juni 2022 - 13:34 WIB
loading...
2 WNI Ditahan di Papua Nugini selama 5 Hari Akhirnya Dipulangkan
Dua WNI yang ditahan selama 5 hari di Papua Nugini (PNG) karena dituduh melanggar batas negara akhirnya bisa dipulangkan melalui Pos Lintas Batas Negara Skouw. Foto/iNews TV/ Omega Batkorumbawa
A A A
JAYAPURA - Dua Warga Negara Indonesia (WNI) yang sempat ditahan selama 5 hari di Papua Nugini (PNG) karena dituduh melanggar batas negara akhirnya bisa dipulangkan melalui Pos Lintas Batas Negara Skouw.

Pemulangan mereka didampingi oleh Konsulat RI di Vanimo, Alen Simarmata pada Jumat (3/6/2022) lalu.

Baca juga: Polres Kota Jayapura Amankan Warga PNG Penyelundup Ganja

Kedua WNI tersebut yakni Asmar dan Doretus Sinpanki yang merupakan Tim Survei Base Transceiver Station (BTS) dari Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Mereka bertugas di kampung Bomding dan Paune, Kabupaten Boven Digoel, Papua pada 20 Mei 2022 .

Kepala Badan Pengelolaan Perbatasan dan Kerjasama Luar Negeri Papua, Suzana Wanggai menjelaskan bahwa kedua WNI tersebut kini sudah dipulangkan ke tempat tugas di Kabupaten Oksibil pada Minggu (5/6/2022) lalu.

Berdasarkan keterangan dari kedua WNI, awalnya mereka menumpangi helikopter dan melalukan pendaratan di koordinat yang jelas masuk wilayah Indonesia, tepatnya di kampung Bomding, Kabupaten Boven Digoel.

Baca juga: Pasukan Yonif 711 Penjaga Perbatasan RI-PNG Gagalkan Penyelundupan Ganja

"Namun pada saat mendarat beberapa masyarakat datang dan mengatakan jika wilayah tersebut merupakan bagian dari negara PNG dan bendara yang berada di kampung tersebut merupakan bendera PNG. Sehingga kedua WNI tersebut di bawa ke Distrik Kiungga Negara PNG dan di Tahan oleh Army PNG selama lima hari," katanya di Jayapura, Jumat (10/6/2022).

Mendengar adanya WNI yang ditahan, pada 25 Mei 2022 Staf Kedutaan Besar Republik Indonesia di Port Moresby mendatangai kedua WNI tersebut di Distrik Kiungga Negara PNG.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1921 seconds (11.252#12.26)