Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Barito Kuala Ditandai Pencanangan Program Anjur Antar

Selasa, 07 Juni 2022 - 14:00 WIB
loading...
Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Barito Kuala Ditandai Pencanangan Program Anjur Antar
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Kuala menggelar peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLHS) atau Word Environment Day Tahun 2022, Senin (6/6/2022).
A A A
MARABAHAN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Kuala menggelar peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLHS) atau Word Environment Day Tahun 2022, Senin (6/6/2022).

Bupati Noormiliyani AS bertindak selaku inspektur upacara pada peringatan yang berlangsung di Halaman Kantor Setdakab Barito Kuala. Upacara diikuti Wakil Bupati Rahmadian Noor, Setdakab Zulkipli Yadi Noor, anggota Forkopimda, para staf ahli, asisten, para pimpinan SKPD, Ketua TP-PKK Hj Saraswati Dwi Putranti Rahmadian Noor, Ketua DWP Herwina Rezeki Zulkipli Yadi Noor, pejabat eselon III, IV, Satpol-PP.

Peringatan HLHS ditandai dengan pencanangan Program Anjur Antar. Program inovasi penanganan sampah perkantoran yang akan diujicobakan di Kelurahan Handil Bakti, Kecamatan Alalak , ini berupa pengumpulan sampah yang bekerja sama dengan para pengumpul sampah di perumahan untuk dimasukkan ke truk sampah.

Melalui program ini diharapkan dapat menanggulangi tumpukan sampah liar yang berada di sepanjang trotoar jalan protokol. Peringatan HLHS di Barito Kuala ini juga dirangkai pemberian bantuan gerobak dan tempat sampah dari sejumlah perusahaan. Sedikitnya terdapat 23 gerobak dan 30 sempat sampah diterimakan Bupati Noormiliyani AS di peringatan di Barito Kuala.

Bantuan 23 gerobak masing-masing berasal dari PT Sapta Indra Sejati dan PT Adaro Energy sebanyak 10 unit, PT Agro Afiat Nusantara 2 unit, PT Talenta Bumi 2 unit, PT Putra Bangun Bersama 2 unit, PT Alfamart 1 unit, PT Patria Maritim Indonesia 2 unit, PT Indomaret 2 unit, PT Indonesia Multipurpose Terminal 1 unit, dan PT Barito Galangan Nusantara 1 unit.

Sedangkan 30 buah bak sampah masing-masing 5 warna berasal dari PT Tanjung Selatan Makmur Jaya (TSMJ), PT Darma Putra Kalimantan Sejati, PT Resha Rabby Lestari, PT Agra Budi Gas Utama, PT Indoka Sakti, dan PT Tri Buana Mas. “Atas nama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Barito Kuala kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan atas bantuan gerobak, tempat sampah maupun lainnya,” ucap Bupati Noormiliyani.

Dalam upacara peringatan HLHS, Bupati Noormiliyani membacakan sambutan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya. Menteri KLHK berpesan, HLHS merupakan program dari PBB yang bernaung di bawah UNEP (Unitet Nations Environment Programme) yang selalu menyerukan kelestarian lingkungan.

Peringatan yang bertepatan 50 tahun perjalanan Konferensi Stockholm yang membahas isu lingkungan hidup ini, tambahnya, telah meletakkan dasar untuk pengaturan global mengenai perlindungan lingkungan hidup.

HLHS yang mengusung tema Only One Earth (Sustainably in Harmony With Nature) yaitu 'Satu Bumi untuk Masa Depan' merupakan kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan dan makhluk hidup termasuk manusia dan perilaku yang mempengaruhi alam, kelangsungan kehidupan, kesejahteraan manusia, dan makhluk hidup lain seperti tumbuhan maupun satwa.

Karena itu, sebut mantan Ketua DPRD Provinsi Kalsel ini, menjaga dan merawat lingkungan hidup yang merupakan modal serta penyedia alokasi ruang, sumber daya alam, ekosistem serta perlindungan dari segala resiko dan bencana merupakan keniscayaan. CM
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2038 seconds (0.1#10.140)