Sungai Meluap setelah Diguyur Hujan Deras, 3 Desa di Nias Utara Terendam Banjir

Sabtu, 04 Juni 2022 - 13:08 WIB
loading...
Sungai Meluap setelah Diguyur Hujan Deras, 3 Desa di Nias Utara Terendam Banjir
Sungai meluap setelah diguyur hujan, 3 desa di Nias Utara terendam banjir. Foto ist
A A A
NIAS - Puluhan rumah warga di tiga desa di Kecamatan Lotu, Puluhan rumah warga di tiga desa yakni Desa Lawira Satu, Lolofaoso, dan Lolomboli, di Kecamatan Lotu, Kabupaten Nias Utara, Sumatera Utara digenangi banjir pada Sabtu (4/6/2022), pukul 06.30 WIB. Sedikitnya, ada limabelas keluarga sempat mengungsi akibat rumahnya terendam banjir.



Sebelum surut banjir telah mencapai setinggi satu meter dan menggenangi rumah warga di tiga desa tersebut. Famahato Harefa, warga korban banjir mengatakan, air yang menerjang permukiman warga akibat luapan Sungai Nalua yang berdekatan di tiga desa. Wilayah tiga desa ini, kata Harefa, kerap menjadi langganan banjir di kala musim hujan tiba. Baca juga: Ketua Umum Bhayangkari Bagikan Bantuan pada Warga Terdampak Rob di Semarang

“Sebanyak lima belas keluarga telah mengungsi dibantu oleh pemerintah setempat. Sementara jumlah keseluruhan rumah yang tergenang banjir ini sekitar empat puluh rumah,” ungkapnya.

Sebagian harta benda milik warga, utamanya peralatan elektronik rusak akibat basah digenangi air. “Beruntung meluapnya (sungai) bukan di malam hari, sehingga warga dapat mengungsi dengan selamat,” imbuhnya.

Kini, terpantau banjir di lokasi ini berangsur surut dan warga sebagian kembali ke rumah mereka masing-masing. Baca juga: Inovasi Sistem Pengendalian Banjir Antarkan Jakarta Juara The 2022 WSIS Prizes
(don)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1964 seconds (10.55#12.26)