Peringati Hari Lahir Pancasila, Kemendagri Apresiasi Pemprov Jawa Barat

Rabu, 01 Juni 2022 - 21:26 WIB
loading...
Peringati Hari Lahir Pancasila, Kemendagri Apresiasi Pemprov Jawa Barat
Pemprov Jawa Barat menyelenggarakan Awarding Pemenang Lomba Bangkit Fest 2022 di Bandung dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila ke-77, Rabu (1/6/2022). Foto/polpum.kemendagri
A A A
BANDUNG - Pemprov Jawa Barat menyelenggarakan Awarding Pemenang Lomba Bangkit Fest 2022 di Bandung dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila ke-77 yang jatuh pada Rabu (1/6/2022).

Kegiatan tersebut dilakukan dengan tujuan untuk mengenang dan melestarikan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara.



“Diharapkan melalui kegiatan seperti ini dapat mengingatkan kita untuk mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam realitas kehidupan sehari-hari bangsa Indonesia di berbagai aspek kehidupan,” kata Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Dirjen Polpum) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Bahtiar saat memberikan sambutan.

Kata Pancasila pertama kali diperkenalkan Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945 saat sidang BPUPKI di Gedung Chuo Sangi In, Jakarta.

Pancasila kemudian dijadikan sebagai fundamen berdirinya rumah besar bernama Republik Indonesia atas dasar gagasan para founding fathers yang memikirkan cara agar negeri ini sanggup menaungi kodrat pluralistiknya.

Atas dasar tersebut, sejak Indonesia merdeka pada tahun 1945, demokrasi Pancasila sudah menjadi pilihan kolektif dan komitmen kenegaraan.



Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia. Pancasila memiliki banyak fungsi dan kedudukan dalam kehidupan bermasyarakat di Indonesia.

“Ketika Pancasila dapat benar-benar difungsikan sebagaimana fungsi dan kedudukannya, negara akan menjadi aman dan nyaman,” tegas Bahtiar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1428 seconds (0.1#10.140)