Lubang Misterius di Area Persawahan KBB Akhirnya Ditutup, Segini Kedalamannya

Selasa, 31 Mei 2022 - 11:12 WIB
loading...
Lubang Misterius di Area Persawahan KBB Akhirnya Ditutup, Segini Kedalamannya
Warga menutup kembali lubang misterius yang tiba-tiba muncul di area persawahan dengan diameter 1 meter dan kedalaman sekitar 10 meter, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Foto/Dok.Warga
A A A
BANDUNG BARAT - Kemunculan fenomena alam sebuah lubang yang tiba-tiba muncul di area persawahan sempat membuat warga di Kampung Cigondok, Desa Mandalamukti, Kecamatan Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat (KBB), heboh

Guna menghindari hal yang tidak diinginkan, lubang dengan diameter 1 meter dan kedalaman total sekitar 10 meter tersebut oleh petugas BPBD, perangkat desa, kecamatan, dan dibantu warga akhirnya ditutup menggunakan tanah.

Baca juga: Berbagi Momen Mesra, Kekasih Emmeril Kahn Mumtadz Ungkap Kerinduan Mendalam

"Lubang yang besar dalamnya sekitar dua meter, itu bisa masuk enam orang. Tapi kalau diukur sama lubang kecil yang diameternya sekitar 80 sentimeter, panjang kedalamannya total sekitar 10 meter," kata penggarap sawah yang jadi lokasi ditemukannya lubang misterius tersebut, Ceceng Hidayat (68), kepada MNC Portal Indonesia, Selasa (31/5/2022).

Dia mengatakan, sudah masuk ke dalam lubang yang ambles tersebut untuk memastikan kondisi di dalamnya. Dipastikan jika amblesnya tanah tersebut karena di bawahnya ada saluran air, sehingga air merembes masuk ke resapan tanah dan lama-lama akhirnya tanah di bawah permukaan jadi tergerus dan ambles.

"Pantesan kalau serang (sawah) ini dialiri air selalu mengering, karena air meresap dititik lubang yang ambles itu. Rupanya di dalamnya ada saluran resapan air, jadi sekarang sudah ditutup lagi," kata Ketua RT 01/14, Kampung Cigondok, Desa Mandalamukti, Kecamatan Cikalongwetan ini.



Terpisah Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), KBB, Duddy Prabowo menyebutkan, fenomena kemunculan lubang misterius itu bagian dari fenomena alam yang sangat jarang terjadi. Sehingga karena khawatir terjadi pergerakan susulan dan lubangnya membesar, kemudian warga bergotong-royong untuk mengurug lubang misterius tersebut.

"Akhirnya kembali ditutup lagi lubangnya, menggunakan tanah dan material barangkal. Sehingga saat ini lubang tersebut sudah tertutup kembali," kata Duddy.

Dikatakannya, awal mula peristiwa terjadinya pergerakan tanah hingga muncul lubang sempat terdengar suara gemuruh dan suara air oleh warga yang berada di dekat area tersebut. Namun mereka tidak menyangka bahwa terjadi fenomena kemunculan lubang misterius.

Warga yang penasaran mendengar suara gemuruh yang berasal dari area persawahan itu sontak keluar rumah dan mencari sumber suara. Setelah dicari sumber suaranya, ternyata ada satu titik lubang berdiameter kurang lebih 1 meter dengan kedalaman kira-kira 10 meter.

"Informasi dari warga kejadiannya menjelang Subuh sekitar pukul 04.00 WIB, pada Senin pagi kemarin. Ini adalah bagian dari fenomena alam yang jarang terjadi," tandasnya.
(msd)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1558 seconds (10.177#12.26)