Awal Ramadhan Harga Gula Pasir Melonjak

Sabtu, 25 April 2020 - 16:55 WIB
loading...
Awal Ramadhan Harga Gula Pasir Melonjak
Gula pasir. Foto/Ilustrasi
A A A
GRESIK - Harga komoditas gula pasir terua melonjak memasuki awal Ramadlan. Bahkan di Pulau Bawean tembus harga Rp20.000 per kilogram.

Ironisnya, Pemkab Gresik belum bisa berbuat banyak. Sebingga, harga gula pasir di semua pasar di Gresik mengalami kenaikan.

Sisi lain, banyak masyarakat mengeluh sudah lebih dua bulan lebih harga gula pasir tak kunjung turun. Padahal, semula harga dipatok Rp12.000 per kg. Sementara kebutuhan gula pasir untuk konsumsi Ramadhan ini terus meningkat.

Yang lebih parah lagi di Pulau Bawean. Sebelum Ramadhan lalu masih Rp19.000 per kg. Sekarang, malah merangkak naik. Mencapai Rp20.000 per kg. “Saya beli di toko harganya sudah Rp20.000,” kata Gezhi, warga Bawean.

Anehnya, harga tersebut tidak sama dengan data yang dimiliki Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perindag (Diskoperindag) Gresik, harga gula pasir rata-rata sudah turun di angka Rp17.571 per kilogramnya.

“Harapannya pemerintah bisa menekan harga gula hingga seperti dulu Rp12.000 per kg,” ungkap Gezhi, Sabtu (25/4/2020).

Lambannya langkah pemerintah menekan harga gula pasir mendapat respon wakil rakyat. Padahal sebelumnya Diskoperindag mengaku jika stok gula mencukupi hingga lebaran mendatang. Faktanya, sampai saat ini belum ada perubahan.

“Harusnya harga gula bisa kembali normal lagi,” kata Ketua Fraksi Partai Nasdem DPRD Gresik, Musa.

Terpisah, Kepala Diskoperindag Gresik Agus Budiono menyampaikan jika pihaknya akan menindaklanjuti dengan melakukan sidak pangan ke pasar.
(nth)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3326 seconds (0.1#10.140)