KPU Enrekang tetapkan MBA sebagai bupati

Kamis, 05 September 2013 - 12:50 WIB
KPU Enrekang tetapkan MBA sebagai bupati
KPU Enrekang tetapkan MBA sebagai bupati
A A A
Sindonews.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Enrekang menetapkan pasangan Muslimin Bando- Amiruddin (MBA) sebagai Bupati dan Wakil Bupati terpilih periode 2013-2018.

Penetapan pasangan MBA ini berdasarkan rapat pleno yang digelar KPU Enrekang. Dalam rapat itu, pasangan nomor urut 3 itu meraih dukungan terbanyak.

Pasangan yang diusung Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Golkar, Demokrat, PAN dan partai non parlemen PDI-P meraih 62.092 suara atau 55,72 persen dari jumlah suara sah sebanyak 111.437 suara

Peringkat kedua diperoleh pasangan nomor urut 4, Saleh Rahim-Kasmin Karumpa (Sikap) dengan memperoleh 36.470 suara atau 32,73 persen.

Disusul pasangan nomor urut 2, Ridwan Abdullah-Muzakkir (Ridahmu) di urutan ketiga dengan memperoleh 7554 suara atau 6,78 persen.

Sementara pasangan Mustamin Amir-Makhmud Kammane (Mutiara) di urutan keempat dengan memperoleh 5321 suara atau 4,77 persen.

Dengan Perolehan suara yang diraih pasangan MBA lebih dari 30 persen, maka dipastikan Pilkada Enrekang tahun 2013 berlangsung hanya satu putaran saja.

"Berdasarkan rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara pilkada Enrekang, pasangan Muslimin Bando-Amiruddin ditetapkan sebagai bupati dan wakil bupati terpilih karena meraih suara terbanyak," kata Ketua KPU Enrekang, Usman Abdullah, Kamis (5/9/2013).

Usman menyatakan, meski perbedaan data namun semua saksi menyatakan menerima hasil rekapitulasi itu.

“Ini merupakan contoh demokrasi yang ditunjukkan masing-masing pasangan calon. Mereka siap menang dan siap kalah,” ujar Usman.

Jalannya rapat pleno terbuka KPU Enrekang berlangsung aman dan tertib. Ratusan personel gabungan dari Polri/TNI disiagakan di sekitar kantor KPU Enrekang mengatisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Pasca pemungutan suara di TPS hingga usainya rapat pleno rekapitulasi hasil perhitungan suara dan penetapan pasangan calon bupati-wakil bupati terpilih, situasi kamtibnas di kabupaten Enrekang tetap kondusif,” ujar Kapolres Enrekang, AKBP Ika Waskita.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6733 seconds (0.1#10.140)