Waspada! Penyebaran Covid-19 Masuk Masa Transmisi Lokal di Medan

Sabtu, 25 April 2020 - 14:46 WIB
loading...
Waspada! Penyebaran Covid-19 Masuk Masa Transmisi Lokal di Medan
Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Akhyar Nasution ketika memeriksa suhu tubuh sebelum masuk Kantor Walikota Medan, Jumat (24/4/2020) kemarin. Foto/SINDOnews.
A A A
MEDAN - Penyebaran wabah Corona Virus (Covid-19) di Kota Medan sudah memasuki masa penularan transmisi lokal (Antar Sesama).

Akibatnya, masyarakat di daerah ini harus lebih waspada untuk menghindari terjangkitnya Covid- 19 yang ditularkan melalui antar sesama. (Baca juga : Pandemi Covid-19, Ibadah Puasa Tingkatkan Imunitas )

Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Akhyar Nasution mengingatkan kepada seluruh warga agar waspada, sebab saat ini di Kota Medan telah memasuki masa transmisi lokal penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

"Artinya, penyebaran virus corona yang terjadi tidak lagi melalui masyarakat dari luar Kota Medan maupun memiliki riwayat perjalanan dari kawasan pandemi Corona tetapi sudah melalui antar masyarakat lokal," kata Akhyar Nasution, Sabtu (25/4/2020).

Dia mengatakan, saat ini masanya penularan Covid-19 yang terjadi melalui antar sesama (transmisi lokal). sehingga perlu kewaspadaan

"Kita harus waspada, tidak boleh main-main atau menyikapinya dengan sepele. Tidak tertutup kemungkinan kasus Covid-19 di kota-kota lain akan terjadi di Kota Medan,"ujarnya.

Menurut politisi PDIP ini, guna mengatasi transmisi lokal tidak terjadi secara massif, maka seluruh warga Kota Medan wajib mengenakan masker, terutama ketika melakukan aktifitas di luar rumah.

"Tidak ada alasan lagi untuk tidak memakai masker. Apalagi masker saat ini sudah mudah didapatkan. Apabila tidak ada masker, gunakan kain untuk menutupi mulut dan hidung," ungkapnya.

Disisi lain, Akhyar menyatakan, bagi umat muslim yang ingin melaksanakan salat, termasuk berjamaah, ia mempersilahkannya. Hanya saja saat melaksanakan salat, Akhyar meminta untuk tetap memakai masker demi keselamatan bersama.

"Orang yang sehat bisa menjad carrier (pembawa) virus Corona bagi orang lain," tandasnya.
(nfl)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.4008 seconds (0.1#10.140)