Pemko Pekanbaru Kembali Rencanakan Tes Swab Massal

Senin, 22 Juni 2020 - 10:44 WIB
loading...
Pemko Pekanbaru Kembali Rencanakan Tes Swab Massal
Plt Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, Muhammad Amin
A A A
PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melalui Tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Pekanbaru, kembali menyelenggarakan tes swab massal. Tes swab massal direncanakan akan digelar, Rabu (24/6/2020).

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, Muhammad Amin saat dikonfirmasi menyebut, tes swab massal direncanakan dilakukan di dua titik.

Pertama di Sukaramai Trade Center (STC), dan Pasar Pusat Pekanbaru. Lokasi disebar di dua titik untuk memecah keramaian.

"Iya, kita rencakan tanggal 24 besok di STC dan Pasar Pusat," ujar Amin, Minggu (21/6/2020) siang.

Tes swab massal akan diselenggarakan bersama Dinas Kesehatan Provinsi Riau. Tes swab massal dilakukan kepada Orang Dalam Pemantauan (ODP) Covid-19 yang tercatat di data tim gugus tugas Covid-19 Pekanbaru.

Amin menyebut, tes swab massal ini sebelumnya memang sudah direncanakan bersama Dinas Kesehatan Provinsi Riau dalam upaya mencari orang tanpa gejala (OTG) Covid-19.

Pemko Pekanbaru berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Riau untuk melakukan tes swab massal. Karena Pemerintah Provinsi telah memiliki laboratorium biomolekuler untuk pemeriksaaan swab.

Ditambah dengan mencuatnya kasus baru dari klaster BRI, maka seluruh orang yang didapat dari hasil tracing dari pasien terkonfirmasi positif akan melakukan tes swab massal.

Mereka yang menjalani tes swab akan dilakukan pengambilan sampel cairan saluran pernapasan. "Hasil nya, baru dapat diketahui 2-3 hari dari waktu pengambilan sampel," tutupnya.(adv)
(atk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2841 seconds (0.1#10.140)