Pelaku Seni Tunggu Itikad Baik Pemprov Jabar Bangun Kembali Bale Pinton

Rabu, 18 Mei 2022 - 05:17 WIB
loading...
Pelaku Seni Tunggu Itikad Baik Pemprov Jabar Bangun Kembali Bale Pinton
Bale Pinton di kompleks wisata Situ Ciburuy, Padalarang, KBB, diharapkan bisa kembali dibangun secepatnya setelah dirobohkan, untul wahana berkesenian masyarakat. SINDOnews/Adi Haryanto
A A A
BANDUNG BARAT - Pelaku seni dan budaya berharap rencana Pemprov Jabar untuk membangun kembali Bale Pinton di kompleks Situ Ciburuy, Padalarang, Bandung Barat segera direalisasikan.

Pasalnya para pelaku seni dan budayawan termasuk anak-anak yang berkesenian saat ini bingung ketika akan berkegiatan. Mereka tidak memiliki tempat yang bisa dipakai, sehingga saat ini hanya memakai tempat seadanya.

"Semoga saja janji membangun kembali bale pinton terealisasi dan secepatnya, karena sangat dibutuhkan," kata Salah seorang pelaku seni di Situ Ciburuy, KBB, Barien, Selasa (17/5/2022).

Menurutnya para pelaku seni dan budayawan rencananya kembali akan berkumpul di Situ Ciburuy. Hal itu sebagai sebagai bentuk dukungan agar Bale Pinton segera dibangun kembali untuk masyarakat.

"Rencananya besok, Rabu (18/5/2022) seniman dan budayawan akan kembali berkumpul sebagai supor agar Bale Pinton dibangun lagi. Kegiatan juga akan diisi dengan Ngalokat Cai Situ Ciburuy," tuturnya.

Sementara itu saat kunjungannya ke KBB, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menjanjikan membangun kembali Bale Pinton, di kawasan Situ Ciburuy, Kecamatan Padalarang, KBB.



"Insya Allah akan dibangun kembali, karena pemerintah butuh budayawan, ajengan, teknokrat dan lainnya," ucapnya di Desa Cibitung, Rongga, Senin (16/5/2022).

Baca: Jelang Pergantian Hari, Gempa Bermagnitudo 3,6 Guncang Pesisir Utara Jateng.

Menurutnya, Pemprov Jabar mendukung penuh semua kegiatan masyarakat yang bersifat positif. Termasuk kegiatan-kegiatan budaya dan kesenian. Oleh karena itu, ruang bagi seniman dan budayawan harus tetap dijaga.

Meski begitu, dirinya bakal lebih dulu mengecek terkait status lahan dan perizinan Bale Pinton. Hal itu guna memastikan setiap pembangunan tetap mentaati aturan yang ada, statusnya bagaimana. Sebab prinsipnya pemerintah pasti akan memperhatikan kegiatan budaya dan seni. Baca Juga: Diperiksa Penyidik Polres 5 Jam, Sekda Lekok dan Mankodri Bungkam.

"Kegiatan budaya penting untuk menjaga moral dan akhlak, supaya budaya tidak tergerus dengan budaya lain. Pemerintah pasti akan memperhatikan hal ini," tandasnya.
(nag)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1007 seconds (10.101#12.26)