Cegah Hepatitis Akut pada Anak, RS Siloam Yogyakarta Lakukan Ini

Jum'at, 13 Mei 2022 - 21:04 WIB
loading...
A A A
Selain itu, untuk mencegah resiko penularan penyakit melalui saluran pernafasan tetap siterapkan protokol kesehatan seperti yang selama masa pandemi COVID-19, yaitu dengan memakai masker dan menjaga jarak.

Lanjut dokter Melna, orang tua perlu memahami gejala awal penyakit hepatitis akut pada anak. Secara umum gejala awal penyakit hepatitis akut adalah mual, muntah, diare dan sakit perut, serta dapat juga disertai demam.

"Selanjutnya, dapat diikuti gejala kuning pada kulit dan mata serta air kencing berwarna pekat seperti teh dan BAB (buang air besar) berwarna putih atau pucat seperti dempul," imbuhnya.

Jika anak mengalami gejala-gejala tersebut, lanjut dokter spesialis anak ini, orang tua diminta segera memeriksakan anak ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat untuk dapat dilakukan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

"Akan lebih baik jika anak segera dibawa ke fasilitas kesehatan pada tahap awal dan jangan menunggu hingga muncul gejala lanjutan seperti kuning pada kulit dan mata atau bahkan sampai muncul gejala berat seperti kejang atau penurunan kesadaran. Pencegahan adalah langkah terbaik," pungkas dr Melna.
(don)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2582 seconds (0.1#10.140)