Tim Gabungan Polisi dan Dinas Pangan dan Pertanian Sidoarjo Sweeping Sapi Potong di RPH

Rabu, 11 Mei 2022 - 06:59 WIB
loading...
Tim Gabungan Polisi dan Dinas Pangan dan Pertanian Sidoarjo Sweeping Sapi Potong di RPH
Kapolresta Sidoarjo, Kombes Kusumo Wahyu Bintoro saat memimpin tim gabungan sweeping sapi potong di RPH Krian, Rabu (11/5/2022).Foto/Pramono
A A A
SIDOARJO - Tim gabungan Polresta Sidoarjo dan Dinas Pangan Pertanian melakukan sweeping sapi potong di Rumah Potong Hewan (RPH) Krian yang menjadi salah satu pemasok daging sapi terbesar.

Sweeping ini dilakukan pasca ditetapkannya Kabupaten Sidoarjo sebagai daerah yang positif terserang Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Tim memeriksa satu per satu sapi yang akan dipotong.

Baca juga: RPH Surabaya Tolak Hewan Ternak dari 4 Daerah Suspect PMK

Setelah dipastikan sehat mulut dan kuku sapi, sapi ini baru dipotong. Sementara sapi yang dipotong di RPH Krian ini adalah sapi yang didatangkan dari daerah Tulungagung, Blitar, dan Kediri.

Sweeping sapi potong sengaja digelar sebagai upaya antisipasi penyebaran virus PMK yang menyerang hewan ternak sapi. Seluruh sapi yang akan dipotong di RPH harus dipastikan sehat mengingat kondisi Sidoarjo positif PMK.

"Kita ingin memastikan jika sapi yang dipotong di RPH ini bebas penyakit mulut dan kuku,” tegas Kapolresta Sidoarjo, Kombes Kusumo Wahyu Bintoro, Rabu (11/5/2022).

Drh Agung dari tim dokter Dinas Pangan Pertanian Sidoarjo menyebut, smeua sapi yang dipotong di sini dipastikan sehat dan melalui proses pemeriksaan yang dilakukan sebelum masuk ruang pemotongan.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6236 seconds (0.1#10.140)