Petunjuk Arah Tak Terlihat, Banyak Pemudik Nyasar ke Jalan Kompleks di Padalarang

Sabtu, 07 Mei 2022 - 16:01 WIB
loading...
Petunjuk Arah Tak Terlihat, Banyak Pemudik Nyasar ke Jalan Kompleks di Padalarang
Salah satu pemudik yang sempat kebingungan di jalur persimpangan Padalarang sehingga sempat nyasar masuk ke kawasan kompleks perumahan Kota Baru Parahyangan, Sabtu (7/5/2022). Foto/MPI/Adi Haryanto
A A A
BANDUNG BARAT - Sejumlah pemudik yang akan kembali ke wilayah Cianjur, Sukabumi, Bogor, Bekasi, dan Jakarta banyak yang kebingungan saat melintas di persimpangan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Banyak diantara mereka yang tersesat berputar-putar di rute yang sama atau malah kebablasan masuk ke kawasan kompleks perumahan Kota Baru Parahyangan, Padalarang, karena bingung membaca rambu petunjuk.

Baca juga: Arus Balik Pemudik Ramai Lancar, Kepadatan Sempat Terjadi di Jalan Raya Padalarang

Seperti yang terlihat Sabtu (7/5/2022), ada sejumlah pemudik khususnya roda dua yang malah masuk ke kawasan kompleks perumahan Kota Baru Parahyangan. Mereka tampak ragu-ragu dan bingung saat masuk ke jalan baru dekat Flyover Simpang Padalarang.

Semestinya, mereka mengambil jalur memutari Puspa Iptek Sundial dan masuk lagi ke jalan nasional yang mengarah ke Cianjur dan Purwakarta. Namun karena minim rambu petunjuk, mereka malah masuk ke kawasan kompleks.

Ada juga kasus pemudik yang berputar-putar di kawasan tersebut, karena saat masuk ke jalur yang mengarah ke Puspa Iptek Subdial malah mengambil jalur ke arah Pemda KBB dan Cimareme. Padahal mereka seharusnya mengambil jalur menuju Jalan Raya Tagog Padalarang.

"Tadi bingung, petunjuk arahnya gak jelas. Sempet liat arah ke Pemda, Tol, dan Cimareme, sedangkan papan penunjuk arah ke Cianjur atau Jakarta gak keliatan, makanya sempet nyasar ke kawasan jalan perumahan," tutur seorang pemudik, Wawan (35).

Baca juga: BREAKING NEWS! Seluncuran Kolam Renang Waterpark Kenjeran Surabaya Roboh, 9 Anak Dikabarkan Jadi Korban

Dirinya mulai sadar bahwa telah keluar jalur dari lintasan pemudik karena melihat jalanan sepi dan tidak ada kendaraan pemudik lainnya. Sehingga ketika melihat ada papan petunjuk berikutnya, dia langsung putar arah balik lagi ke jalur semula untuk kemudian memgambil arah Cianjur.

"Papan penunjuk arahnya harus diperbanyak dan diperjelas. Kalau bisa disetiap persimpangan ada papan petunjuk," kata pemudik yang akan kembali ke Sukabumi ini.

Sementara itu kendaraan yang melintas dari arah Padalarang menuju Cianjur terlihat ramai lancar. Bahkan berdasarkan data dari Dinas Perhubungan, KBB, dalam satu jam ada sekitar 900 kendaraan berbagai jenis yang mengarah ke barat (Cianjur) dan didominasi oleh kendaraan pemudik roda dua.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.2141 seconds (0.1#10.140)