Sampah Menumpuk dan Berserakan di Situ Bagendit Garut Usai Diserbu Wisatawan

Jum'at, 06 Mei 2022 - 15:48 WIB
loading...
Sampah Menumpuk dan Berserakan di Situ Bagendit Garut Usai Diserbu Wisatawan
Sejumlah relawan melakukan aksi bersih-bersih di Situ Bagendit, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut yang dipenuhi sampah usai diserbu wisatawan pada libur lebaran 2022.
A A A
GARUT - Tumpukan sampah berserakan di objek wisata Situ Bagendit Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut. Sejumlah pihak menyayangkan tumpukan sampah memenuhi objek wisata yang baru saja dibuka pemerintah ini.

Wakil Bupati Garut Helmi Budiman menyayangkan perilaku wisatawan yang membuang sampah sembarangan dan mencemari lingkungan di sana. "Sangat disayangkan, mari kita jaga dan rawat untuk kenyamanan kita bersama," kata Helmi, Jumat (6/5/2022).

Baca juga: Arus Balik Mulai Padat, Ribuan Kendaraan Masuk GT Cileunyi

Helmi pun menyadari bahwa ketersediaan tempat sampah di Situ Bagendit masih kurang. Namun hal ini, kata dia, bukan berarti bahwa wisatawan diperbolehkan untuk membuang sampah sembarangan.
"Memang kami akui masih kurang, tapi bukan berarti tidak ada. Bukan berarti juga harus membuang sampah ke sembarangan tempat," ujar dia.

Ia pun berharap masyarakat dan wisatawan bisa menjaga objek wisata Situ Bagendit. Menurutnya, Situ Bagendit merupakan aset objek wisata terbaik yang dimiliki Kabupaten Garut.

Hal yang sama diutarakan Anggota DPRD Kabupaten Garut Yudha Puja Turnawan. Politisi PDI Perjuangan ini pun mengajak semua pihak dapat bersama-sama merawat Situ Bagendit.

"Objek wisata Situ Bagendit merupakan bagian dari kita, tidak bisa dibebankan ke satu dinas saja. Walau masuk beli tiket tetap saja kebersihan adalah tanggung jawab bersama," kata Yudha.

Yudha pun mendesak Pemkab Garut menyediakan sarana tempat pembuangan sampah di Situ Bagendit. "Di track pedestrian saya pantau itu tidak ada tempat sampah. Banyak cara untuk pengadaan tempat sampah ini. Misalnya dari CSR perusahaan yang ada di Garut dan banyak lagi," ujarnya.

Perbincangan mengenai menumpuknya sampah di Situ Bagendit usai diserbu wisatawan pada musim libur lebaran ini setidaknya telah berlangsung di media sosial. Dua akun seperti @infobanyuresmi dan @garutupdate_ tampak memposting foto-foto tumpukan sampah di Situ Bagendit.

"Dimohon kepada pengunjung situbagendit untuk tidak membuang sampah sembarangan. Buanglah sampah pada tempatnya," tulis akun @infobanyuresmi dalam unggahan foto penampakan sampah di Situ Bagendit, Kamis (5/5/2022).

Akun @garutupdate_ juga memposting hal serupa dengan menuliskan, "Buat wargi Garut atau wisatawan yang berkunjung dan berwisata di Garut. Yuk untuk selalu saling mengingatkan untuk tidak buang sampah sembarangan untuk kenyamanan bersama".
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4279 seconds (0.1#10.140)