32 Ribu Kendaraan Wisatawan Masuk ke Lembang sejak Lebaran Hari Pertama

Kamis, 05 Mei 2022 - 18:18 WIB
loading...
32 Ribu Kendaraan Wisatawan Masuk ke Lembang sejak Lebaran Hari Pertama
Kendaraan yang mengarah ke kawasan wisata Lembang selama libur panjang lebaran ini mengalami peningkatan karena banyak wisatawan yang ingin menghabiskan liburan di Lembang. Foto/MPI/Adi Haryanto
A A A
BANDUNG BARAT - Sejak hari H lebaran hingga H+1 tercatat ada sebanyak 32 ribu kendaraan wisatawan dari arah Kota Bandung dan Cimahi yang masuk ke kawasan objek wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Kondisi itu menyebabkan kawasan objek wisata Lembang dipadati wisatawan dan arus lalu lintas pun mengalami kemacetan. Alhasil aparat kepolisian harus menerapkan one way di Jalan Raya Lembang untuk menghindari kemacetan lebih parah.

"Berdasarkan pantauan kami, sejak hari H lebaran sampai malam (kemarin) diperkirakan ada 32 ribu kendaraan yang masuk ke Lembang," sebut Kasatlantas Polres Cimahi, AKP Sudirianto, Kamis (5/5/2022).

Baca juga: Penampakan Jalur Pantura Cirebon Padat Merayap saat Arus Balik Pemudik

Khusus pada hari H lebaran, lanjut dia, jumlah kendaraan yang masuk ke kawasan objek wisata Lembang mencapai sekitar 17 ribu dan yang keluar sebanyak 15 ribu kendaraan. Itu menunjukkan ada wisatawan yang menginap di Lembang.

Antrean kendaraan itu sudah terlihat dari sejak Jalan Setiabudi Kota Bandung. Kendaraan yang menuju objek wisata Lembang didominasi roda empat dengan pelat nomer dari luar daerah. Walaupun ada juga yang dari Bandung Raya.

"Pada H+2 lebaran lalu ekor kendaraan sudah sampai di Eldorado Kota Bandung, sehingga kami harus menerapkan skema one way untuk mengurai kemacetan," tuturnya.

Upaya pengaturan arus lalu lintas tersebut, lanjut dia, dilakukan karena terjadi peningkatan volume kendaraan sebanyak 25% jika dibandingkan dengan hari H lebaran. Bahkan peningkatan kendaraan diprediksi masih akan terjadi hingga akhir pekan ini karena masih libur panjang.

"Ada peningkatan kendaraan sekitar 25 persen, sehingga kendaraan ke Lembang padat dan harus dilakukan skema one way," pungkasnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2302 seconds (0.1#10.140)