Wisuda Daring ala Unika Soegijapranata Raih Penghargaan Leprid

Sabtu, 20 Juni 2020 - 18:37 WIB
loading...
Wisuda Daring ala Unika Soegijapranata Raih Penghargaan Leprid
Wakil Rektor I Bidang Akademik Cecilia Titiek Murniati dan Kepala Biro Administrasi Akademik (BAA) Lenny Setyowati menerima penghargaan dari Leprid, Sabtu (20/6/2020). FOTO : SINDOnews/Ahmad Antoni
A A A
SEMARANG - Terobosan Unika Soegijapranata melakukan prosesi wisuda terhadap 536 mahasiswa secara daring dengan menggunakan teknologi Face Tracking Animation berbuah manis.

Atas terobosan teknologi tersebut, Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (Leprid) mencatatnya sebagai rekor wisuda virtual dengan teknologi animasi deteksi wajah (face tracking animation) pertama di Indonesia.

Apresiasi pun diberikan Leprid dengan memberikan penghargaan kepada Rektor Unika Soegijapranata Prof Dr F Ridwan Sanjaya, MS IEC selaku pemrakarsa dan civitas akademika Unika selaku penyelenggara.

Ketua Umum dan Pendiri Leprid, Paulus Pangka secara simbolis menyerahkan penghargaan berupa medali, piagam dan piala kepada Wakil Rektor I Bidang Akademik Unika Soegijapranata Cecilia Titiek Murniati dan Kepala Biro Administrasi Akademik (BAA), Lenny Setyowati di kampus Unika Soegijapranata Semarang, Sabtu (20/6/2020).

“Leprid memberi apresiasi kepada Rektor sekaligus Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata karena telah berhasil menyelenggarakan wisuda secara virtual dengan menampilkan wajah para mahasiswanya,” ungkap Paulus Pangka.

Menurutnya, wisuda virtual yang digelar Unika tersebut merupakan kemajuan teknologi yang diakibatkan oleh suatu masalah yakni pandemi COVID-19. “Sehingga mau tak mau setiap elemen kehidupan bermasyarakat bahkan termasuk dunia pendidikan melakukan suatu ide kreatif inovatif untuk melayani para mahasiswanya,” ungkapnya.

Pihaknya sangat mengapresiasi terobosan Unika, karena sudah dua kali melakukan kegiatan dengan menggunakan teknologi yang ada. “Sebelumnya pada 5 Mei 2020 Unika menggelar baca puisi terbanyak, 205 puisi karya civitas akademika Unika secara online dalam rangka hari pendidikan nasional. Kali ini menggelar wisuda dengan teknologi Face Tracking Animation. Jadi ini baru pertama kali ada di Indonesia,” ujarnya.

Seperti diberitakan SINDOnews, Unika Soegijapranata melakukan prosesi wisuda 536 mahasiswa secara daring dengan menggunakan teknologi Face Tracking Animation. Dimana wisudawan seakan-akan terlihat mengikuti acara wisuda secara langsung, meskipun sebetulnya merupakan campur tangan animasi.

Dengan teknologi tersebut, wisudawan seolah-olah berada di lokasi saat kegiatan. Dalam penyelenggaraan wisuda dengan teknologi Face Tracking Animation, Unika menggandeng dreamlight world media.

“Kami menyadari bahwa wisuda adalah kegiatan yang sangat penting dan memang merupakan penghargaan terakhir para mahasiswa. Oleh karena itu kami ingin mencari sesuatu yang baru, atau sesuatu yang lain yang belum dilakukan oleh universitas lain,” terang Rektor Unika Ridwan Sanjaya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1719 seconds (0.1#10.140)