Indahnya Toleransi di Kota Malang, Pastor dan Suster Sambut Umat Muslim Usai Sholat di Halaman Gereja

Senin, 02 Mei 2022 - 20:21 WIB
loading...
Indahnya Toleransi di Kota Malang, Pastor dan Suster Sambut Umat Muslim Usai Sholat di Halaman Gereja
Pastor dan suster di Gereja Paroki Hati Kudus Yesus Kayutangan, Kota Malang, memberikan ucapan selamat Idul Fitri 1 Syawal 1443 H kepada umat muslim usai Sholat Idul Fitri di halaman gereja tersebut. Foto/Dok. Diskominfo Kota Malang
A A A
MALANG - Pemandangan indah terlihat di halaman Gereja Paroki Hati Kudus Yesus Kayutangan, Kota Malang, Senin (2/5/2022). Sejumlah pastor dan suster menyalami umat muslim, yang baru selesai melaksanakan Sholat Idul Fitri di halaman gereja tersebut.

Baca juga: Usai Sholat Idul Fitri Warga Lintas Agama Turut Bahagia Bersama Dalam Acara Syawalan di Jogjakarta

Mereka begitu akrab dan saling melemparkan canda tawa, sambil bersilaturahmi di hari yang fitri. Kebersamaan itu terjadi sejak pagi sebelum Sholat Indul Fitri dilaksanakan. Sejumlah pastor, suster, dan umat Katolik nampak turut menyiapkan halaman gereja untuk pelaksanaan Sholat Idul Fitri.

Indahnya Toleransi di Kota Malang, Pastor dan Suster Sambut Umat Muslim Usai Sholat di Halaman Gereja


Para pastor, suster, dan umat Katolik tersebut, berdiri di pintu gerbang gereja sambil membagikan koran kepada umat muslim yang akan melaksanakan sholat. Umat di Gereja Paroki Hati Kudus Yesus Kayutangan, juga nampak turut menyiapkan tikar untuk alas sholat.

Baca juga: Batang Gempar! Pulang Mudik dari Jakarta, Pemuda Ini Habisi Nyawa Kakaknya di Malam Takbiran

Barisan saf umat muslim terlihat berjajar rapi menggelar sajadah untuk menjalankan Sholat Idul Fitri di halaman Gereja Paroki Hati Kudus Yesus Kayutangan, yang memang berdekatan dengan Masjid Jami Kota Malang. Kegiatan semacam ini sudah biasa terjadi di halaman gereja, namun hal itu tidak terjadi dua tahun lalu akibat pandemi COVID-19.

"Kami membuka dan mempersiapkan pelataran untuk digunakan teman-teman muslim beribadah. Ini sesuatu yang luar biasa, bahwa toleransi itu masih kuat di Kota Malang. Pagar gereja kami buka sekitar pukul 04.30 WIB untuk menyambut saudara-saudara muslim yang akan Sholat Idul Fitri," ungkap Romo Yoris, O. Carm.

Baca juga: Dendam 3 Motor Dijual untuk Foya-foya, Picu Adik Bunuh Kakak di Malam Takbiran yang Gembarkan Batang

Romo Yoris menyatakan, bahwa ini bukanlah kali pertama pihaknya mempersilakan umat muslim menggunakan pelataran gereja untuk Sholat Idul Fitri. "Setiap tahun dilakukan. Namun karena dua tahun kemarin pandemi, dan kegiatan sholat dibatasi maka kami juga tidak melakukannya," ungkapnya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1631 seconds (11.210#12.26)