363 Pengikut NII di Dharmasraya Upacara Cabut Baiat Kembali ke Pangkuan NKRI

Kamis, 28 April 2022 - 04:03 WIB
loading...
363 Pengikut NII di Dharmasraya Upacara Cabut Baiat Kembali ke Pangkuan NKRI
Ilustrasi pengikut NII cabut baiat janji setia kepada NKRI. Foto: Istimewa/Antara
A A A
DHARMASRAYA - Sebanyak 363 orang yang tergabung dalam kelompok Jaringan Negara Islam Indonesia (NII) menyatakan diri setia kepada NKRI yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945.

Sumpah setia itu melakukan lakukan saat mencabut baiat massal di auditorium Pati Dharmasraya, dengan disaksikan Kandensus 88 AT Polri, Irjen Pol Marthinus Hukom, Gubernur Sumbar dan Kapolda Sumbar.

Ratusan orang itu terdiri dari orang dewasa, pria dan wanita. Bahkan anak-anak ikut bersumpah setia kepada NKRI.



Kapolda Sumbar, Irjen Pol Teddy Minahasa Putra mengatakan, dalam kegiatan ini ratusan pengikut NII menyatakan akan setia kepada Pancasila, tidak bertentangan dengan syariat Islam, setia kepada UUD 1945 dan NKRI.

"Ratusan orang pengikut NII ini merupakan hasil penyelidikan oleh Diskrimsus Mabes Polri di Dharmasraya pasca penangkapan 12 orang terduga teroris, pada Maret 2022," katanya, Rabu (28/4/2022).

Saat mengucapkan sumpah setia, tampak ratusan orang itu menggunakan ikat kepala warna merah putih.



"Dari hasil data Densus 88, tercatat sebanyak 1.125 orang pengikut jaringan NII ini berada di Sumbar. Mereka banyak tersebar di dua kabupaten, yakni Dharmasraya dan Tanah Datar," sambungnya.

Meski telah menyatakan setiap kepada Pancasila dan UUD 1945, ratusan pengikut NII ini akan tetap mendapatkan pengawasan dari tokoh masyarakat setempat, perangkat desa, hingga kepolisian.
(san)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2368 seconds (0.1#10.140)