Terima Pengaduan Soal THR, Disnakertrans KBB Janji Tindaklanjuti

Senin, 25 April 2022 - 22:43 WIB
loading...
Terima Pengaduan Soal THR, Disnakertrans KBB Janji Tindaklanjuti
Disnakertrans KBB menerima pengaduan soal THR dan berjanji menindaklanjuti.Foto/ilustrasi
A A A
BANDUNG BARAT - Posko THR Disnakertrans Kabupaten Bandung Barat (KBB) sudah menerima beberapa laporan terkait THR. Pihak Disnakertrans akan segera menindaklanjuti laporan tersebut bekerjasama dengan UPT pengawasan.

"Sudah ada laporan tapi kita belum lihat detailnya soal apa. Kita akan tindaklanjuti dan monitoring langsung dengan mendatangi perusahaan," kata
Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) KBB, Panji Hermawan, Senin (25/4/2022).

Baca juga: Foto Alex Noerdin Pakai Kolor dan Telanjang Dada di Rutan Beredar Luas, Ini Tanggapan Kuasa Hukum

Meskipun belum secara detail laporan THR yang disampaikan seperti apa, namun Panji menyebutkan akan menindaklanjuti setiap laporan yang masuk. Mengingat THR adalah hak setiap karyawan dan harus diberikan perusahaan tepat waktu.

Diapun menegaskan, jika semua perusahaan di KBB wajib membayar Tunjangan Hari Raya (THR) bagi buruh/pekerja, paling lambat hari ini, Senin (25/4/2022). Hal tersebut mengacu Permenaker 6 Tahun 2016 dan surat edaran Menteri Ketenagakerjaan terbaru, THR wajib dibayarkan 7 hari sebelum lebaran.

"Ya itu artinya hari ini wajib dibayarkan (THR), sesuai dengan edaran Menaker terbaru," timpalnya.

Dijelaskannya, berdasarkan perhitungan, besaran THR sama dengan satu bulan gaji. Semua perusahaan di KBB juga dilarang melakukan pembayaran dengan mode dicicil, jika itu dilakukan tanpa alasan kuat masuk pelanggaran.

Apabila ditemukan perusahaan belum membayar THR pada 7 hari sebelum Idul Fitri atau lebih dari 7 hari sebelum Idul Fitri, Disnakertrans mengimbau kalangan buruh melaporkan ke Posko pengaduan THR di kantor Disnakertrans.

"Kalau ada laporkan ke kami, di posko pengaduan yang ada di kantor Disnakertrans, kompleks Pemda KBB," tegasnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1152 seconds (0.1#10.140)