Jelang Lebaran, Aktivitas Kargo di Bandara Hasanuddin Alami Peningkatan

Senin, 25 April 2022 - 11:44 WIB
loading...
Jelang Lebaran, Aktivitas Kargo di Bandara Hasanuddin Alami Peningkatan
Aktivitas angkutan kargo di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin mengalami peningkatan menjelang Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah/2022 Masehi. Foto/SINDOnews/Najmi S Limonu
A A A
MAROS - Aktivitas angkutan kargo di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin mengalami peningkatan menjelang Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah/2022 Masehi. Peningkatan volume pengiriman barang disinyalir terjadi melonjaknya minat belanja online masyarakat.

Cargo Services Supervisor, Edy Sastromijoyo, menyebutkan menjelang Lebaran Idul Fitri tahun ini,volume kargo dilaporkan meningkat 13,5 persen. "Ini jika dibandingkan tahun lalu, ada kenaikan sekitar 13,5 persen pada H-8 lebaran ini," ujar dia, Senin (25/4/2022).



Edy menyebutkan memasuki Ramadhan ini rata-rata jumlah kargo mencapai 180 ton. Ini meningkat jika dibandingkan hari-hari biasanya, namun tidak terlalu signifikan. Edy menuturkan peningkatan kargo jelang Lebaran memang sudah menjadi fenomena yang biasa.

"Terkait volume kargo yang meningkat selama bulan Ramadhan ini memang menjadi fenomena yang selalu berlangsung setiap tahun," tuturnya.

Salah satu faktor penyebabnya yakni banyaknya masyarakat yang berbelanja online untuk kebutuhan Lebaran nanti.

"Seiring dengan semakin tingginya minat dan tingkat konsumtif masyarakat khususnya di Makassar untuk menggunakan metode belanja online. Sehingga berimbas pada meningkatnya pergerakan kargo e-commerce di bandara, terutama menjelang Hari Raya Idul Fitri," sebutnya.

Tak hanya itu, peningkatan volume kargo juga dipengaruhi adanya kegiatan ekspor hasil laut. "Kemudian ada pengiriman hasil laut ke beberapa daerah. Namun, yang paling besar memang adalah kegiatan belanja online," tuturnya.

Edy memprediksi penambahan volume kargo ini masih akan terus terjadi hingga 30 April mendatang atau pada H-2 Lebaran Idul Fitri.



Sebelumnya, sebuah video yang memperlihatkan tumpukan paket di terminal kargo Bandara Hasanuddin sempat viral di media sosial. Terlihat ratusan paket tersebut terbungkus di dalam karung.

Dalam video berdurasi kurang lebih 28 detik itu, sang perekam video terdengar menyindir para pemilik paket dalam bahasa Makassar.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2215 seconds (0.1#10.140)