Peduli Sesama, Pegawai BPJamsostek Makassar Gagas Program Saribattang

Sabtu, 23 April 2022 - 12:22 WIB
loading...
Peduli Sesama, Pegawai BPJamsostek Makassar Gagas Program Saribattang
Pegawai BPJamsostek menyalurkan bantuan paket sembako kepada warga terdampak kebakaran Jalan Veteran Selatan, Jumat (22/4/2022). Foto/Istimewa
A A A
MAKASSAR - Pegawai Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan atau BPJamsostek menggagas program bertajuk Saribattang, yaitu sebuah gerakan berbagi kepada masyarakat yang membutuhkan, baik itu UMKM, fakir miskin, hingga yatim piatu.

Sesuai dengan tujuan program, Saribattang diambil dari kosa kata Bahasa Bugis Makassar yang bermakna saudara. Melalui program Saribattang, pegawai BPJamsostek berdonasi untuk membantu sesama yang membutuhkan.

Baca Juga: BPJamsostek Ingatkan Pentingnya Jadi Peserta Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

Sejak digagas pada Juni 2020, BPJamsostek telah menyalurkan 6.700 kotak nasi dengan nominal sebesar Rp167,5 juta hingga Maret 2022. Program tersebut awalnya bernama Bertaksi yang merupakan akronim dari (Berbagi Sekotak Nasi).

Kepala BPJamsostek Cabang Makassar, Hendrayanto mengungkapkan, kedepannya, program berbagi tidak terbatas hanya pada pembagian sekotak nasi, tapi dengan jenis bantuan yang lebih banyak.

"Bisa berupa pembagian sembako, pakaian bekas, perlengkapan sekolah, perlengkapan bekerja, alat ibadah dan pembinaan UMK serta pemberian perlindungan jaminan sosial kepada pekerja informal," jelas Hendra.

Lanjut dia, pegawai BPJamsostek juga melaksanakan sejumlah kegiatan sosial lainnya, yang diawali dengan berdonasi hingga terkumpul Rp8,8 juta.

Donasi itu disalurkan dalam paket sembako, terdiri dari Beras 5 Kg, Gula Pasir 1 Kg, Cocacola 1 Liter, Tepung Terigu 1 Kg, dan Blueband 200 gram.

Baca Juga: Mahasiswa KKN hingga Petugas Sensus Penduduk Kini Terdaftar BPJamsostek

Dengan harga perpaket sebesar Rp100 ribu, paket sembako tersebut disalurkan kepada masyarakat pekerja, antara lain pedangang, pengakut sampah, hingga pengemudi bentor yang ada di sekitar Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Makassar.

Selanjutnya, perwakilan BPJamsostek juga melakukan kunjungan ke korban bencana kebakaran yang terjadi di Jalan Veteran Selatan, Kecamatan Mamajang, Kota Makassar yang menghanguskan puluhan rumah.

(agn)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2759 seconds (11.210#12.26)