Heboh, Seekor Duyung Ditemukan Mati di Pantai Kampung Saporkren Raja Ampat

Jum'at, 22 April 2022 - 21:01 WIB
loading...
Heboh, Seekor Duyung Ditemukan Mati di Pantai Kampung Saporkren Raja Ampat
Warga Kampung Saproken, Raja Ampat dihebohkan dengan ditemukannya seekor Ikan Duyung atau mamalia laut yang nama latinnya Dugong. iNews TV/Chanry
A A A
RAJA AMPAT - Warga Kampung Saproken, Raja Ampat dihebohkan dengan ditemukannya seekor Ikan Duyung atau mamalia laut yang nama latinnya Dugong. Ikan Duyung ini ditemukan dalam keadaan mati dan terapung di pinggir pantai Kampung Saporkren, Distrik Waigeo Selatan, Jumat (22/04/2022).

Warga kampung Saproken, Marthen Bertabuy yang pertama kali menemukan bangkai Ikan Duyung tersebut mengatakan, saat ditemukan ikan tersebut terapung di dermaga kecil di depan rumahnya sekitar. Atas inisiatif Marthen dan rekan-rekannya bersama aparat Kampung Saporkren, mereka segera menguburkannya di area belakang Kampung Saporkren, setelah sebelumnya mengukur panjang tubuh Duyung yang mencapai 1,4 meter.

"Waktu saya pertama kali temukan, tidak ada bekas jeratan tali atau jaring. Hanya wajah bagian depan terlihat bekas tubrukan yang mengeluarkan darah. Kedua matanya pun terlihat terluka. Saya dan teman-teman ukur panjangnya lalu segera kami kuburkan," jelas Marthen Bertabuy saat dikonfirmasi MNC Portal Indonesia, Jumat (22/4/2022).

Koordinator Balai Konservasi Kawasan Perairan Nasional (BKKPN) Kupang Satker Raja Ampat, Ferdinand I.P Bata mengatakan, setelah mendapatkan laporan masyarakat, ia bergegas menuju lokasi untuk melakukan pengukuran morfometrik yang diperlukan untuk mendata bangkai Duyung yang ditemukan.

Baca: Petasan Meledak Hancurkan 1 Rumah di Jogjakarta, Begini Penampakan Tim Jibom Menyisir TKP.

Hal ini menurutnya karena Duyung adalah spesies mamalia laut yang rentan dan dilindungi oleh undang-undang.

"Setelah tiba di lokasi lalu menjelaskan dan ditemani aparat kampung, kami melakukan pengukuran kembali secara morfometrik agar lebih mendetail datanya. Selain itu, kami juga berikan sosialisasi singkat tentang status Duyung di Indonesia kepada masyarakat Kampung Saporkren," jelas Ferdinand.

Baca Juga: Ini Tampang Pemerkosa ABG di Bali yang Sebarkan Video Mesum.

Pihak BKKPN juga masih menyelidiki penyebab pasti matinya Dugong di kawasan kampung Saproken tersebut.
(nag)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1561 seconds (10.177#12.26)