Gubernur Sulsel Ingatkan Masyarakat Taati Aturan saat Mudik

Jum'at, 22 April 2022 - 19:25 WIB
loading...
Gubernur Sulsel Ingatkan Masyarakat Taati Aturan saat Mudik
Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, tampil sebagai Pimpinan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2022 di Lapangan Karebosi Makassar, Jumat (22/4/2022). Foto/Humas Pemprov Sulsel
A A A
MAKASSAR - Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman , tampil sebagai Pimpinan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2022 di Lapangan Karebosi Makassar, Jumat (22/4/2022).

Dengan mengusung tema 'Wujud Sinergi Polri Dengan Instansi Terkait untuk Menjamin Masyarakat Aman dan Sehat Dalam Perayaan Idul Fitri 1443 H', Apel Gelar Pasukan ini diikuti oleh personel gabungan dari Polri, TNI, serta instansi terkait. Termasuk melibatkan Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Jasa Raharja, Basarnas dan instansi lainnya.



Operasi Ketupat 2022 akan dilaksanakan selama 12 hari, dimulai tanggal 28 April hingga 9 Mei 2022. Operasi terpadu ini digelar dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1442 H. Dalam Operasi Ketupat 2022, total dilibatkan 4.409 personil gabungan.

Gubernur Sudirman tampak berkeliling memantau kesiapan personel dengan mobil komando. Serta melakukan penyematan pita tanda operasi kepada perwakilan dari satuan gabungan.

Gubernur Sudirman juga membacakan sambutan serentak Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Ia menegaskan bahwa Operasi Ketupat harus dilaksanakan secara optimal. "Sehingga perjalanan mudik maupun balik berjalan lancar, aman dan sehat,” kata Gubernur Sudirman, mengutip salah satu pesan Kapolri.

Selain itu, pada dua minggu sebelum pelaksanaan operasi yaitu pada tanggal 14-27 April 2022, Polri juga telah melaksanakan Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) dalam rangka cipta kondisi jelang Pperasi Ketupat. Adapun sasarannya yakni distribusi sembako, penyakit masyarakat, miras, judi, prostitusi, narkoba, petasan, balon udara yang mengganggu penerbangan dan lain-lain. KRYD akan dilanjutkan kembali pasca Pperasi Ketupat-2022 yaitu pada tanggal 10-17 Mei 2022 untuk mengantisipasi arus balik yang mungkin masih terjadi serta penanganan Covid-19.

Usai melakukan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2022 , Gubernur Sudirman menyampaikan tahun ini, pemerintah telah memberikan kebijakan dalam pelaksanaan mudik. “Olehnya itu, kita tetap harus mengikuti kebijakan-kebijakan dan aturan yang berlaku, seperti cakupan vaksinasi dan menjaga protokol kesehatan 3M,” pintanya.

“Untuk seluruh masyarakat khususnya di Sulawesi Selatan, tetap jaga kesehatan dan fisik sebelum melaksanakan perjalanan mudik. Serta mentaati aturan dalam berkendara. Tetap jaga aman, imun, dan senantiasa berdoa semoga kita selalu diberi kesehatan dan keamanan dalam menjalankan aktivitas,” tuturnya.



Kapolda Sulsel, Irjen Pol Nana Sudjana, pada kesempatan itu menjelaskan, bahwa dalam Operasi Ketupat di wilayahnya dilibatkan 4.409 personil. Rinciannya yakni 2.200-an anggota Polri dan 2.100-an merupakan gabungan dari instansi.

“Jadi ini adalah operasi terpusat yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia dan dalam hal ini kami mengedepankan fungsi preventif, kemudian juga didukung dengan penegakan hukum. Adapun tujuannya adalah terjaminnya rasa aman bagi masyarakat selama pelaksanaan bulan puasa, kemudian Lebaran dan pasca Hari Raya Idul Fitri. Kedua, terjaminnya juga, ketersediaan bahan pangan, kita tahu beberapa waktu lalu ada sedikit kendala di masalah pangan,” jelasnya.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1814 seconds (0.1#10.140)