1.792 Orang di Pasar Tradisional Mojokerto Jalani Rapid Test

Jum'at, 19 Juni 2020 - 10:26 WIB
loading...
1.792 Orang di Pasar Tradisional Mojokerto Jalani Rapid Test
Tim Hunter Dinas Kesehatan Provinsi Jatim, dan Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto, menggelar rapid test di lima pasar tradisional. Foto/iNews TV/Sholahudin
A A A
MOJOKERTO - Tim Hunter Dinas Kesehatan Provinsi Jatim, dan Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto, gencar menggelar rapid test terhadap pedagang dan pengunjung pasar tradisional.

(Baca juga: Kei Nishikori Tak Sabar Tampil di AS Terbuka 2020 )

Ada lima pasar tradisional di Kabupaten Mojokerto, yang menjadi sasaran rapid test selama dua hari. Sebanyak 1.792 orang menjalani rapid test, hasilnya 112 orang reaktif.

Mereka yang dinyatakan reaktif, langsung menjalani tes swab. Bahkan, Pemkab Mojokerto juga berencana mengambil kebijakan menutup operasional pasar untuk sementara waktu, apabila ditemukan pedagang yang positif COVID-19.

(Baca juga: China Dilaporkan Bikin Senjata Nuklir Super-EMP yang Bisa Lumpuhkan AS )

Rapid test tersebut digelar di Pasar Sawahan, Kecamatan Bangsal; Pasar Legi, Kecamatan Mojosari; Pasar Pacet, Kecamatan Pacet; dan Pasar Dlanggu, Kecamatan Pandan. Selain itu, rapid test juga digelar di dua desa karena sebelumnya ditemukan warga positif COVID-19.

Salah seorang warga yang mengikuti rapid test di Pasar Legi, Wiji Utami mengaku sangat menyambut baik kegiatan rapid test di pasar-pasar tersebut. "Meski sedikit terlambat, tetapi rapid test di pasar-pasar ini penting dilakukan," tegasnya.

(Baca juga: Saat Pandemi, Daihatsu Latih Anak Muda Masuki Dunia Kerja Secara Online )

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan penanganan COVID-19 Kabupaten Mojokerto, Adi Sepdianto menyebutkan, dari lima pasar yang didatangi Pasar Sawahan yang paling banyak ditemukan hasil rapid test reaktif.

"Di Pasar Sawahan, ada sebanyak 373 orang yang menjalani rapid test. Sebanyak 78 orang hasilnya reaktif. Sementara di Pasar Dlanggu ada enam reaktif, di Pasar Pandan ada tujuh reaktif, dan di Pasar Legi ada dua reaktif. Mereka langsung menjalani tes swab," tegasnya.

Hingga saat ini jumlah pasien positif COVID-19 di Kabupaten Mojokerto, mencapai sebanyak 117 orang. Sebagian besar dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Prof. Sukandar, dan ada juga yang menjalani isolasi mandiri di rumah.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1182 seconds (0.1#10.140)