New Normal, DPRD Kendal Dorong DPMPTSP Gairahkan Investasi dan Bisnis

Kamis, 18 Juni 2020 - 17:56 WIB
loading...
New Normal, DPRD Kendal Dorong DPMPTSP Gairahkan Investasi dan Bisnis
Komisi B DPRD Kendal mengunjungi Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu pintu (DPMPTSP). FOTO : Istimewa
A A A
KENDAL - Iklim investasi dan usaha yang lesu akibat pandemi COVID-19 diharapkan dapat kembali menggeliat memasuki masa new normal. Bahasan itu mengemuka dalam kunjungan kerja Komisi B DPRD Kendal ke kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu pintu (DPMPTSP), Kamis (18/6/2020).

Kepala DMPTSP Kendal Anang Widiasmoro mengatakan pandemi COVID-19 berimbas pada menurunnya pendapatan dari sektor investasi dan perizinan usaha. Hingga triwulan kedua tahun ini investasi yang masuk sebesar Rp328 miliar.

"Di tahun sebelumnya, target pendapatan sebesar Rp1,6 triliun sudah bisa terpenuhi di triwulan kedua ini. Harapan kami, dengan new normal ini, investasi dan usaha bisa kembali pulih," terang Anang.

Menanggapi hal itu, Ketua Komisi B, Dian Alfat Muchammad mengatakan, pihaknya mendukung upaya mitra OPD-nya untuk kembali menggeliatkan sektor perizinan sebagai penyokong masuknya investasi dan usaha.

“Kami minta DMPTSP memperketat perizinan. Terutama bagi investor yang akan masuk agar benar-benar diseleksi. Baik itu rekam jejaknya juga komitmennya ke daerah. Ini penting agar kejadian yang lalu tidak terulang lagi. Investor yang masuk harus dipastikan serius dan punya komitmen,” tegasnya.

Sementara terkait lesunya investasi, Sekretaris Komisi B, Sri Supriati mengaku mafhum karena isu tersebut menjadi masalah nasional bukan hanya terjadi di kabupaten Kendal saja.

"Dengan diberlakukannya masa new normal ini kami pun mendukung agar investasi dan bisnis bisa kembali pulih Namun kami ingin memastikan DMPTSP menerapkan protokol kesehatan. Jangan sampai nanti malah jadi klaster baru penularan COVID-19," jelasnya.(Baca juga : Unik, Imunisasi di Puskesmas Ini Bayarnya Pakai Sampah )

Dari pembahasan, diketahui DMPTSP telah menyiapkan pelayanan perizinan sesuai protokol kesehatan. Pengunjung disediakan sarana cuci tangan dan lebih dulu diperiksa suhu tubuhnya sebelum masuk ke ruangan. Selain itu, juga telah disiapkan aplikasi perizinan online untuk mengurangi interaksi pengurusan izin.

Kunjungan kerja komisi B diikuti oleh seluruh jajaran pimpinan komisi dan anggota. Selain DMPTSP, komisi melakukan kunjungan kerja dan inspeksi mendadak (sidak) ke Perusahaan Daerah Aneka Usaha.
(nun)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.3023 seconds (0.1#10.140)