Cegah Demo Mahasiswa Ricuh, Polisi Sisir Anggota Anarko di Bandung

Senin, 11 April 2022 - 15:47 WIB
loading...
Cegah Demo Mahasiswa Ricuh, Polisi Sisir Anggota Anarko di Bandung
Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Aswin Sipayung. Foto/Dok
A A A
BANDUNG - Jajaran Polrestabes Bandung melakukan penyisiran terhadap anggota kelompok Anarko untuk mencegah kericuhan dalam aksi demonstrasi mahasiswa yang dipusatkan di kawasan Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Senin (11/4/2022).

Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Aswin Sipayung menyatakan, pihaknya menerjunkan sedikitnya 820 personel untuk mengamankan jalannya aksi di kawasan pusat pemerintahan Provinsi Jabar itu.

Baca juga: Hari Ini Ratusan Mahasiswa Bandung Geruduk Gedung Sate

Selain menerjunkan ratusan personelnya, pihaknya juga melakukan rekayasa lalu lintas demi kenyamanan mahasiswa yang menyampaikan aspirasi.

"Kita lakukan pengamanan di sana. Lalin ada sebagian kecil yang kita alihkan, tidak semuanya. Jadi, yang dekat lokasi (aksi demonstrasi) saja. Kemudian untuk personel yang disiapkan sebanyak 820 personel, ada Sabhara dan Brimob," ujar Aswin.

Aswin juga memastikan, atas perintah Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo, seluruh personel yang terjun mengamankan jalannya aksi tidak dilengkapi senjata.

"Atas perintah Kapolri, saya sebagai pimpinan unras mahasiswa. Kita perintahkan tidak ada senpi, pentungan kita nggak bawa. Kita hanya pasang badan saja, jadi itu untuk mengamankan saja," tegas Aswin.

"Kita persuasif, komunikasi. Tidak ada lebih dari itu. Dengan komunikasi yang baik, tidak ada yang fatal," lanjut dia.



Lebih lanjut Aswin mengatakan, untuk mencegah masuknya penyusup yang berpotensi membuat aksi demonstrasi mahasiswa ricuh, pihaknya bersama jajaran Polsek se-Kota Bandung sejak kemarin telah melakukan penyisiran.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1478 seconds (10.177#12.26)