21,3 Juta Orang Bakal Mudik ke Jateng, Gubernur Ganjar Diminta Siapkan Bus dan Kereta

Jum'at, 08 April 2022 - 11:28 WIB
loading...
21,3 Juta Orang Bakal Mudik ke Jateng, Gubernur Ganjar Diminta Siapkan Bus dan Kereta
Prime Topik MNC Trijaya FM. Foto: Antoni/SINDOnews
A A A
SEMARANG - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi tujuan terbanyak mudik tahun ini adalah yakni Jawa Tengah, dengan total sebanyak 26,8 persen atau 21,3 juta orang.

Kemenhub memperkirakan, puncak arus balik Lebaran tahun ini, terjadi pada 8 Mei 2022.

Kepala Dinas Perhubungan Jateng Henggar Budi Anggoro mengatakan, pihaknya telah menyiapkan dua opsi untuk mencegah penumpukan kendaraan pemudik di bahu jalan. Kedua opsi itu dengan pembatasan waktu bagi kendaraan yang berhenti di rest area atau pemanfaatan rest area perkotaan.

Dia mengatakan, pihaknya dan instansi terkait dan Kepolisian, TNI serta Satpol PP yang terlibat dalam angkutan Lebaran tahun ini akan memaksimalkan kinerjanya dengan baik.



“Kita tidak ingin banyak masyarakat yang mau pulang dan terhambat. Tidak bisa kita dengan persiapan biasa, harus dipersiapkan dengan baik,” kata Henggar saat berbicara dalam Prime Topik MNC Trijaya FM bertema Mudik Sehat dan Nyaman di Gets Hotel Semarang, Kamis (7/4/2022) sore.

Menurutnya, Dishub bersama Ditlantas Polda Jateng bakal menyiapkan sejumlah skenario untuk mengantisipasi kepadatan arus mudik Lebaran 2022. Skenario ini berupa penerapan one way hingga pemberlakuan contra flow.

“Saat arus mudik Lebaran mendatang cukup padat dan menuju macet, kami akan berlakukan one way nasional. Tapi masih rencana, termasuk juga akan dilakukan contra flow pada titik tertentu,” katanya.

Nantinya, kata dia, akan diterapkan pengurangan kendaraan yang keluar di jalan tol, mulai dari KM 70 hingga Gerbang Tol Kalikangkung di Kota Semarang,. Selain itu jalur alternatif seperti Pantura, jalur tengah, hingga selatan juga akan dilakukan pengalihan arus saat kepadatan arus mudik terjadi.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1335 seconds (0.1#10.140)