Positif Covid-19 di Bandung Bertambah, Dinkes Sebut Karena Transmisi Lokal

Kamis, 18 Juni 2020 - 13:36 WIB
loading...
Positif Covid-19 di Bandung Bertambah, Dinkes Sebut Karena Transmisi Lokal
Kepala Seksi Surveillance dan Imunisasi Dinkes Kota Bandung Grinda Wardana.Foto/SINDONews/Arif Budianto
A A A
BANDUNG - Kasus positif Covid-19 di Kota Bandung terus bertambah. Dinas Kesehatan Kota Bandung menyebut penambahan tersebut disebabkan adanya transmisi lokal.

Tingginya aktivitas masyarakat di luar rumah diperkirakan masih menjadi penyebab penyebaran Covid-19 ini.(baca juga: Sunda Empire Sidang Perdana, Pengacara Rangga Bakal Ajukan Penangguhan Penahanan )

Hingga hari ini, Kamis (18/6/2020) total kasus positif mencapai 373 orang, dengan jumlah 128 orang positif aktif, dan sisanya telah sembuh dan meninggal dunia.

Kepala Seksi Surveillance dan Imunisasi Dinkes Kota Bandung Grinda Wardana mengatakan, kenaikan positif Covid-19 disebabkan adanya transmisi lokal, bukan penambahan cluster baru. (baca juga: Pangdam Siliwangi Dorong Kampus di Jabar Gelar Rapid Test Gratis )

"Transmisi lokal disebabkan adanya aktivitas masyarakat di luar rumah. Misalnya masih belanja keluar, beli sembako, aktivitas ke beberapa tempat, termasuk saat kemarin Lebaran," kata Grinda, Kamis (18/6/2020).

Kendati begitu, pihaknya belum bisa memberikan data lebih rinci, berapa prosentase positif Covid-19 akibat cluster dan transmisi lokal. Pihaknya, saat ini terus melakukan tracing, terutama bagi mereka yang berinteraksi dengan pasien positif.

Selain itu, salah satu yang menjadi konsen dinas kesehatan adalah status Orang Tanpa Gejala (OTG). Untuk kasus ini, dia menjelaskan, orang dengan kategori OTG adalah mereka yang berinteraksi erat dengan orang positif covid, namun tidak menunjukkan gejala sakit.

Update Covid-19 di Kota Bandung, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) aktif sebanyak 292 orang. Sementara ODP yang telah selesai sebanyak 4.140 orang. Sehinga total ODP sejak awal pandemi hingga hari ini mencapai 4.432 orang.

Sedangkan orang dengan kategori PDP aktif sebanyak 169 orang, dengan jumlah total 1.137. Sedangkan kasus positif aktif atau yang masih dalam status positif mencapai 128 orang. Sehingga jumlah total positif 373 orang. Dadi jumlah itu, 40 meninggal dunia dan sisanya sembuh.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2636 seconds (0.1#10.140)