Sangat Dibutuhkan Petani, Distribusi Pupuk Subsidi Harus Diawasi

Rabu, 06 April 2022 - 10:37 WIB
loading...
Sangat Dibutuhkan Petani, Distribusi Pupuk Subsidi Harus Diawasi
Hamparan kawasan pertanian masyarakat yang ada di wilayah lingkar kota, Kecamatan Seruyan Hilir. iNews TV/Sigit
A A A
SERUYAN - Pupuk bersubsidi sampai dengan saat ini menjadi sesuatu yang sangat diidam-idamkan oleh para petani termasuk di Kabupaten Seruyan.

Terlepas dari pupuk yang memegang peranan penting untuk memastikan tanaman padi tumbuh subur dan memperoleh hasil produksi yang maksimal, pupuk subsidi tentunya bisa menghemat modal awal para petani.

Melihat hal itu, jajaran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan meminta kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seruyan melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkaitnya untuk bisa mengawasi pendistribusian pupuk bersubsidi yang ada di wilayah setempat.

Ketua Komisi A Bejo Riyanto mengungkapkan, pengawasan pendistribusian ini dimaksudkan agar dalam prosesnya bisa berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan mencegah penyelewengan.

"Pendistribusiannya harus diawasi untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Agar semuanya bisa berjalan dengan baik sampai dengan diterimanya oleh masyarakat petani kita," katanya, Rabu (6/4/2022).

Lebih lanjut ia menjelaskan, masalah pupuk bersubsidi sendiri memang menjadi salah satu kendala bagi masyarakat petani di Kabupaten Seruyan. "Masalah utamanya yang sering terjadi itu adalah kesulitan untuk mendapatkan pupuk tersebut akibat kelangkaan," ujarnya. Baca: Warga Playen Tangkap Ular Sanca Sepanjang 3,5 Meter saat Pasang Racun Tikus.

Hal ini tentunya menjadi kendala yang sangat berarti bagi masyarakat petani di wilayah setempat mengingat pupuk memegang peranan penting untuk menentukan keberhasilan panen.

"Maka dari itu, kita berharap agar hal-hal yang menyangkut masalah pupuk bersubsidi ini bisa betul-betul diperhatikan oleh pemerintah daerah. Mulai dari ketersediaannya, sampai dengan pendistribusian kepada masyarakat petani kita," jelasnya.
(nag)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1444 seconds (11.210#12.26)