Permudah Layanan Pembayaran PKB, Gubernur Khofifah Luncurkan Samsat Kampus

Selasa, 05 April 2022 - 05:59 WIB
loading...
Permudah Layanan Pembayaran PKB, Gubernur Khofifah Luncurkan Samsat Kampus
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meluncurkan Layanan Samsat Kampus, di Kampus C Universitas Airlangga (Unair) Surabaya. Foto/Lukman Hakim
A A A
SURABAYA - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa meluncurkan Layanan Samsat Kampus, di Kampus C Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Senin (4/4/2022) sore. Samsat Kampus sendiri merupakan inovasi layanan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) di lingkungan Perguruan Tinggi (PT) yang pertama dan satu-satunya di Indonesia.

Inovasi ini merupakan insiasi Khofifah untuk mendukung pengembangan usaha koperasi perguruan tinggi sekaligus memberi kemudahan dengan menyediakan tempat layanan pembayaran PKB yang cepat, mudah. Hingga saat ini terdapat 75 kampus yang siap bekerjasama memberikan layanan pembayaran PKB melalui layanan Samsat Kampus.

Baca juga: Jadwal Imsak untuk Surabaya dan Sekitarnya 3 Ramadhan Hari Ini

Khofifah secara khusus memberikan apresiasi atas kolaborasi yang dilakukan oleh seluruh kampus negeri maupun swasta atas kerjasamanya dengan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jatim. Tak hanya itu, Khofifah juga mengapresiasi sinergitas yang juga dilakukan oleh Perbankan, UPT dilingkup Pemprov Jatim, termasuk pula Dirlantas Polda Jatim untuk menyukseskan adanya Samsat Kampus ini.

"Pembukaan ini pada dasarnya adalah perluasan dari PPOB (Payment Point Online Banking). Tentu kami berharap bahwa secara khusus bisa bersinergi dengan seluruh koperasi yang ada di perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta di Jatim," kata Khofifah.

Orang nomor satu di Jatim ini berharap, dengan adanya Samsat Kampus dapat memberikan penguatan bagi dukungan layanan publik bagi masyarakat Jatim. Tidak hanya itu, Khofifah menyampaikan, E-Samsat Bapenda Jatim memiliki indeks kepuasan masyarakat yang cukup tinggi yaitu sebesar 96.64 persen puas, dimana sisanya yakni sebanyak 3.33 persen biasa dan sebesar 0,03 persen tidak puas. "Hal ini harus dijaga dan dipertahankan," ujar Khofifah.

Selain Samsat Kampus, inovasi mendekatkan layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor juga dilakukan Bapenda Jatim melalui sejumlah program. Seperti Samsat Bunda, yang hingga tanggal 3 April 2022, telah dimanfaatkan sebanyak 16.982 wajib pajak dengan penerimaan Rp4,9 miliar. Kemudian layanan Samsat OPOP, yang telah dimanfaatkan sebanyak 1.887 wajib pajak dengan penerimaan sebanyak Rp657 juta. Dan total layanan masyarakat yang memanfaatkan fasilitas Samsat e Chanel yakni sebanyak 341.823 wajib pajak dengan penerimaan sebanyak Rp183 miliar.

"Tahun ini, Pemprov Jatim juga memberi pembebasan pajak daerah yang dilaksanakan selama 3 bulan, mulai 1 April hingga 30 Juni 2022. Kebijakan tersebut meliputi pembebasan sanksi administrarif pajak kendaraan bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor dan Pembebasan Pokok BBNKN II," pungkas Khofifah
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1776 seconds (0.1#10.140)