Kursi DPRD Bangkalan bertambah

Rabu, 20 Maret 2013 - 18:27 WIB
Kursi DPRD Bangkalan bertambah
Kursi DPRD Bangkalan bertambah
A A A
Sindonews.com – Jumlah kursi DPRD Bangkalan dalam Pemilu 2014 nanti, dipastikan akan bertambah. Sebelumnya, jumlah kursi dewan yang diperebutkan hanya 45 kursi, namun pada pemilihan legislatif mendatang menjadi 50 kursi.

Ketua Devisi Teknis dan Data KPU Bangkalan, Tajul Anwar, menyatakan, dari data yang diterima diperoleh kepastian bahwa jumlah penduduk Bangkalan sudah melebihi 1 juta jiwa. Praktis, dengan adanya penambahan jumlah tersebut akan berpengaruh pada jumlah kursi dalam Pemilu mendatang.

“Akibatnya, akan ada penambahan karena dalam Undang-Undang sudah ada aturannya. Bila jumlah penduduk lebih dari 1 juta jiwa, ada tambahan kursi dewan,” ujarnya di gedung DPRD Bangkalan, Rabu (20/3/2013).

Tajul menjelaskan, dengan adanya penambahan jumlah kursi dewan secara otomatis juga akan merubah komposisi kursi yang diperebutkan di tiap daerah pemilihan (dapil) nantinya.

Cuma, soal komposisi dapil seperti apa, dia mengaku masih belum final karena akan ada pembahasan lebih lanjut.

“Kalau jumlah dapil tetap enam seperti yang lalu. Bedanya di kursi yang diperebutkan di tiap dapil saja,” tegas Tajul.

Dia menambahkan, adanya perubahan jumlah kursi dalam Pemilu 2014 nanti, akan segera disosialikasikan terutama ke pihak terkait, seperti jajaran pimpinan partai politik (parpol) peserta Pemilu. Langkah itu dinilai penting, karena secara otomatis akan ada interaksi guna mengawal dan menyukseskan Pemilu mendatang.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Demokrat Bangkalan, Ismail Hasan, menyatakan, tetap dan bertambahnya jumlah kursi tidak ada persoalan bagi partainya. Secara garis besar, dia mengaku siap untuk menghadapi Pemilu mendatang dengan menjunjung tinggi aturan yang ada.

“Kalau memang ada penambahan kursi, ya harus ada sosialisasi. Sejauh ini saya belum disosialisasikan,” ucapnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5373 seconds (0.1#10.140)