Antisipasi Penimbunan di Palembang, Satgas Pangan Diminta Jaga Suplai selama Ramadhan

Rabu, 30 Maret 2022 - 19:01 WIB
loading...
Antisipasi Penimbunan di Palembang, Satgas Pangan Diminta Jaga Suplai selama Ramadhan
Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel), Herman Deru, menyebutkan ada beberapa bahan pokok yang mengalami kenaikan. Foto SINDOnews
A A A
PALEMBANG - Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel), Herman Deru, menyebutkan ada beberapa bahan pokok yang mengalami kenaikan.Agar harga tetap stabil, Deru meminta Satgas Pangan terus memantau untuk mencegah praktik penimbunan.

Momen puasa kali ini, diharapkan tidak ada lagi oknum yang menimbun bahan pokok. "Terpenting semua unsur yang terlibat seperti Satgas Pangan dan Forkopimda bersama-sama menjaga agar suplai ke masyarakat berjalan lancar tanpa ada praktik penimbunan," kata Deru, Rabu (29/3/2022). Baca juga: Polri Terjunkan Tim Satgas Pantau Ketersediaan dan Harga Pangan

Gubernur menyampaikan itu saat dirinya bersama Forkompinda melakukan pantauan ke sejumlah pasar menjelang Ramadan. Deru mengatakan, bahwa kenaikan harga sembako di beberapa pasar tradisional seperti Pasar Sekip dan Pasar Kuto Palembang dinilai masih wajar, mengingat stok pangan yang naik masih berlimpah.



"Memang permintaan dari masyarakat sedang meningkat, kenaikan harga pun masih dalam batas wajar. Belum ada perubahan yang terlalu mencolok," ujar Deru, Rabu (30/3/2022).

Pantauan di lapangan, terdapat sejumlah bahan pokok yang saat ini mengalami kenaikan harga. Seperti daging sapi yang naik dari kisaran Rp130.000 per kilogram menjadi Rp145.000 per kilogram.

Selain itu, bawang merah juga mengalami kenaikan harga dari Rp35.000 per kilogram menjadi Rp40.000 per kilogram, bawang putih semula Rp30.000 menjadi Rp35.000 per kilogram.

Sedangkan bahan pokok lain relatif stabil di pasaran, seperti minyak goreng kemasan premium Rp26.500 per liter, minyak goreng kemasan sederhana Rp24.000 per liter. Telur ayam negeri Rp23.500 per kilogram, telur ayam kampung Rp44.000 per kilogram.

Lalu tepung terigu merek Segitiga Biru dijual Rp10.500 per kilogram, gula putih Rp14.000 per kilogram, dan beras premium Rp11.500 per kilogram. "Kalau dilihat dari angka kenaikan harga tadi, secara umum tidak ada lonjakan harga yang tinggi, namun terpenting pasokannya terpenuhi," jelas Deru.

Sebelumnya, Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag), Jerry Sambuaga, juga sempat mengecek harga kebutuhan bahan pokok di Palembang. Menurutnya harga beberapa bahan pokok yang mengalami kenaikan adalah hal yang wajar dan masih dapat ditolerir. Baca juga: Satgas Pangan Polri Sebut Invasi Rusia ke Ukraina Pengaruhi Harga Pangan

Dirinya berharap suplai bahan pokok tak terganggu sehingga tak ada harga yang melambung tinggi. "Suplainya tiap hari lancar sehingga barangnya ada semua, yang penting stok aman jadi tidak ada kelangkaan," jelasnya.
(don)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1906 seconds (11.210#12.26)