Budidaya Perikanan Menjadi Pemberdayaan Pembangunan Sumur Wakaf

Rabu, 30 Maret 2022 - 18:27 WIB
loading...
Budidaya Perikanan Menjadi Pemberdayaan Pembangunan Sumur Wakaf
Salah satu sumur wakaf yang merupakan program pemberdayaan dan konservasi sumur wakaf agar memberikan manfaat lebih pada masyarakat. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Program Sumur Wakaf yang berjalan pertama kali pada tahun 2015, hingga kini terus dikembangkan. Salah satunya melalui program konservasi dan pemberdayaan masyarakat di sekitar pembangunan Sumur Wakaf.

Tujuan inovasi itu adalah menjaga keberlangsungan program Sumur Wakaf yang telah berjalan.

Nurul Ramadhan dari Tim Wakaf Air Produktif menjelaskan ada dua metode yang dalam konservasi Sumur Wakaf, yakni metode vegetatif dan metode mekanis.



Metode mekanik, salah satunya dengan membuat sumur resapan di dekat Sumur Wakaf. Sumur resapan akan menyerap air bekas pakai yang tidak terkontaminasi.



“Nanti air yang ada di sumur resapan ini, dapat digunakan untuk menyiram pohon, minum ternak, dan untuk kebutuhan lain agar bisa digunakan di kemudian hari jika sumur ternyata mengalami kekeringan,” beber Nurul.

Selain itu, metode vegetatif yaitu penanaman tanaman di sekitar Sumur Wakaf. “Ada dua jenis yang kita sarankan, yakni rumput vertifier agar tidak terjadi abrasi dan juga pohon bidara,” katanya.

Selain dua jenis tanaman ini, pihaknya juga memberikan pilihan kepada masyarakat untuk menanam tanaman yang dapat melindungi tanah.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1502 seconds (0.1#10.140)