Dukung Surabaya Bebas Kantong Plastik, Alfamart Bagikan 300 Eco Bag Gratis

Rabu, 30 Maret 2022 - 17:32 WIB
loading...
Dukung Surabaya Bebas Kantong Plastik, Alfamart Bagikan 300 Eco Bag Gratis
Alfamart membagikan 300 kantong belanja gratis kepada masyarakat sebagai wujud dukungan terhadap Perwali Surabaya.Foto/ist
A A A
SURABAYA - Peraturan Wali Kota Surabaya (Perwali) Nomor 16 Tahun 2022 tentang Pembatasan Penggunaan Kantong Plastik mendapat respons positif sejumlah kalangan. Termasuk Alfamart yang membagikan 300 kantong belanja ramah lingkungan secara cuma-cuma di area Toko Alfamart Rungkut Asri Baru dan sekitar Pasar Soponyono, Rabu (30/3/2022).

Aksi peduli lingkungan ini sebagai bentuk dukungan simbolis terhadap implementasi Perwali yang akan membebaskan Kota Surabaya dari kantong plastik mulai 9 April 2022 ini.

Baca juga: Dorong UMKM Terus Berkembang, Wali Kota Eri Cahyadi Tandatangani MoU dengan 46 Hotel di Surabaya

Menurut Branch Manager Alfamart Sidoarjo, Sudarman, seluruh jaringan toko Alfamart di Kota Surabaya akan menerapkan bebas kantong plastik per 9 April 2022.

“Efektif penarikan kantong plastik nanti per 8 April, saat ini masih dalam tahap uji coba dan sosialisasi. Namun kami sudah stop pembeliannya ke suplier, jadi di beberapa toko di Surabaya yang masih menggunakan kantong plastik hanya menghabiskan stok yang masih ada sambil kita sosialisasikan ke konsumen,” ujarnya.

Sebagai alternatifnya pada saat kantong plastik tidak lagi disediakan, konsumen bisa membeli tas belanja ramah lingkungan (eco bag) yang terbuat dari bahan kertas (paper bag)dan bahan kain spun bond. “Konsumen juga diharapkan agar membawa kantong belanja sendiri dari rumah,” katanya.

Pihaknya sudah menyediakan kantong belanja eco bag sejak 2-3 tahun lalu di toko, sejak dikeluarkannya SE (Surat Edaran) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tentang Pembatasan Penggunaan Kantong Plastik.

Sebagai perusahaan yang concern terhadap pelestarian lingkungan, Alfamart berkomitmen untuk ikut menyelamatkan lingkungan dari plastik sekali pakai. “Di kantor pun kami juga terus-menerus melakukan aksi go-green untuk karyawan,” imbuhnya.

Misalnya, membawa botol minum sendiri ketika meeting karena sudah tidak disediakan air mineral cup kemasan plastik. Penghijauan di area kantor baik di dalam maupun luar, serta meletakkan tanaman hidup meja kerja masing-masing.

Tak hanya itu, aksi mematikan lampu ruangan di jam istirahat juga telah dilakukan selama bertahun-tahun untuk menghemat energi. Selain itu penggunaan lampu otomatis di toilet kantor dan toko.

“Untuk penggunaan kantong plastik di toko, tren average-nya menurun dari bulan ke bulan meski terjadi penambahan jumlah toko,” yakinnya. Data Bulan Januari 2022, pengiriman kantong plastik (ukuran S,M,L) ke seluruh toko Alfamart Cabang Sidoarjo sebanyak 5.511.171 lembar, Bulan Februari 3.377.982 lembar.

Selain Kota Surabaya, sejumlah kota / kabupaten di Indonesia berikut juga sudah menerapkan pembatasan kantong plastik dengan acuan Peraturan Wali Kota / Bupati / Gubernur setempat. Antara lain Bali, DKI Jakarta, Bandung, Depok, Bekasi, Bogor, Sukabumi, Semarang, Pontianak, Rembang, Lumajang, Banjarmasin, Jambi hingga Manado.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1373 seconds (0.1#10.140)