5 Pasar di Kota Pahlawan Bebas Kantong Plastik di 2022

Senin, 10 Januari 2022 - 04:04 WIB
loading...
5 Pasar di Kota Pahlawan Bebas Kantong Plastik di 2022
Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi datang ke pasar tradisional untuk memastikan bebas kantong plastik. Foto/SINDOnews/Aan Haryono
A A A
SURABAYA - Gerakan bebas kantong plastik, digulirkan di sejumlah pasar tradisional di Kota Surabaya. Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi mengawali gerakan itu dengan meresmikan Citraland Fresh Market Bebas Kantong Plastik, yang merupakan pasar percontohan bebas kantong plastik pertama di Kota Surabaya, Minggu (9/1/2021).

Baca juga: Hari Ini, Pemkot Bogor Terapkan Pasar Tradisional Bebas Plastik

Eri mendukung penuh upaya pengurangan kantong plastik sekali pakai di pasar tradisional. Bahkan, ia menargetkan lima pasar tradisional di Kota Surabaya bisa mencontoh dan menerapkan apa yang sudah diterapkan di Citraland Fresh Market.



"Di tahun 2022 ini, minimal ada lima pasar tradisional yang berubah. Minimal mencontoh pasar di sini (bebas kantong plastik). Karena di sini bisa tertata dengan baik, pedagangnya juga makmur," kata Eri.

Baca juga: Ibu dan Anak Gadisnya Dibunuh Tanpa Busana, Danu: Jangan Sampai Ditutup!

Bahkan, dia juga meminta Kepala Dinas Lingkungan Hidup untuk segera menyiapkan Perda dan Perwali yang sesuai dengan Pasar Bebas Kantong Plastik itu. Sebab, selama ini permasalahannya di Perwali, sehingga dia meminta untuk segera dibuatkan. "Tolong pulang dari sini langsung dibuatkan, supaya bisa segera jalan," tegasnya.

Menurutnya, jika kantong plastik dapat berkurang di Surabaya, tentu akan menjadi peluang besar bagi para UMKM di Surabaya untuk membuat usaha tas kain yang bisa digunakan berulang kali ketika belanja di pasar.

"Insya Allah kalau kita sudah menciptakan pasar yang bersih, enggak ada kantong plastik, dan pembeli juga bijak dalam menggunakan plastik, ini merupakan peluang besar bagi para UMKM untuk membuat tas kain," ungkapnya.

Baca juga: Deli Serdang Gempar, Ditinggal Pergi Istrinya Seorang Pria Nekat Bakar Diri
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1620 seconds (11.210#12.26)