Lebih Paham Kondisi di Lutim, Hipso Tegaskan PT Vale Perhatikan Kontraktor Lokal

Selasa, 29 Maret 2022 - 16:08 WIB
loading...
Lebih Paham Kondisi di Lutim, Hipso Tegaskan PT Vale Perhatikan Kontraktor Lokal
Ketua Hipso, Andi Baso Makmur, secara lantang menegaskan bahwa tudingan PT Vale tidak memperhatikan nasib kontraktor lokal salah alamat. Foto: Istimewa
A A A
LUWU TIMUR - Himpunan Pengusaha Sorowako (Hipso) angkat bicara terkait sejumlah pernyataan yang menyudutkan PT Vale Indonesia belakangan ini. Termasuk perihal tudingan perusahaan tambang nikel itu yang dianggap tidak memperhatikan nasib kontraktor atau rekanan lokal yang bermukim di wilayah konsesi.

Ketua Hipso, Andi Baso Makmur, pun angkat bicara. Ia secara lantang menegaskan bahwa tudingan tersebut salah alamat.



"Saya pikir adanya statement dan tudingan-tudingan liar yang dialamatkan kepada PT Vale Indonesia terkait tak ada perhatian kepada teman-teman kontraktor lokal itu salah kaprah. Mereka atau oknum yang melancarkan tuduhan itu kemungkinan tidak mengerti dengan kondisi di wilayah pemberdayaan PT Vale, khsusunya di wilayah pemberdayaan di sini (Luwu Timur),” kata Andi Baso, Selasa (29/3/2022).

Andi Baso menuturkan, selama ini pihaknya mengapresiasi perhatian manajemen PT Vale perihal porsi (pemenuhan) pekerjaan kepada rekanan lokal di areal lingkar tambang. Makanya, ia menyayangkan pernyataan dari pihak yang tak pernah berkunjung langsung ke lokasi.

"Sampai saat ini (porsi) pekerjaan untuk rekanan lokal sudah terpenuhi baik pekerjaan dengan skala kecil maupun besar. Begitupun dengan porsi untuk kontraktor nasional yang memang semuanya sesuai dengan kualifikasi," ujarnya.

Pelaksana tugas Ketua Kerukunan Wawania Asli Sorowako (KWAS) ini melanjutkan pihaknya juga mengapresiasi mekanisme lelang tender yang sesuai prosedur di PT Vale. "Saya kira semua tahapan dari pra kualifikasi, kualifikasi hingga penentuan pemenang dalam sebuah pekerjaan berjalan sesuai mekanisme," tuturnya.

Tahun lalu, Pemkab Lutim sudah mendorong 11 isu strategis pertambangan ke PT Vale . Dimana poinnya ialah menyangkut kepentingan masyarakat Lutim.



Mulai dari pemberdayaan tenaga kerja dan kontraktor lokal, pemberian beasiswa bagi putra-putri daerah hingga tanggungjawab sosial lingkungan. Hal ini bagi Andi Baso, sejatinya sudah menjadi aspirasi masyarakat Lutim ke PT Vale Indonesia .

“Hipso juga mengapresiasi 11 poin surat Bupati Luwu Timur mengenai isu strategis pertambangan terkait keberlanjutan PT Vale di Luwu Timur. Poin-poin yang merupakan aspirasi elemen masyarakat dan pemangku kepentingan sudah terakomodir dalam isi surat bupati Luwu Timur. Tinggal bagaimana kita mengawal poin-poin tersebut agar terealisasi," pungkasnya.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1301 seconds (0.1#10.140)