Dana BOP Kesetaraan Tahap I untuk Wilayah Bosowa Rp2,96 Miliar

Selasa, 29 Maret 2022 - 13:37 WIB
loading...
Dana BOP Kesetaraan Tahap I untuk Wilayah Bosowa Rp2,96 Miliar
KPPN Watampone menggelontorkan DAK Non Fisik berupa BOP Kesetaraan Tahap I 2022 untuk wilayah Kabupaten Bone, Soppeng dan Wajo (Bosowa) sebesar Rp2,96 miliar. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
BONE - KPPN Watampone menggelontorkan Dana Alokasi Khusus Non Fisik berupa Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) Kesetaraan Tahap I Tahun 2022 untuk wilayah Kabupaten Bone, Soppeng dan Wajo (Bosowa) sebesar Rp2,96 miliar.

Berdasarkan data pada aplikasi Online Monitoring Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (OM SPAN), telah tersalurkan dana BOP Kesetaraan Tahap I Tahun 2022 yang bersumber dari APBN tersebut ke rekening masing-masing satuan pendidikan. Untuk Kabupaten Bone mencapai Rp2,15 miliar untuk 21 satuan pendidikan dan 2.575 siswa.



Sedangkan untuk Kabupaten Soppeng sebesar Rp508,5 juta bagi 6 satuan pendidikan dan 609 siswa. Adapun untuk Kabupaten Wajo dikucurkan Rp300,45 juta yang dialokasikan bagi 11 satuan pendidikan dan 349 siswa.

Penyaluran Dana BOP Kesetaraan oleh KPPN Watampone mulai tahun 2022 ini diketahui dalam rangka lebih memudahkan koordinasi dengan Dinas Pendidikan Bone , dalam hal terjadi return atas Dana BOP Kesetaraan.

Penyaluran dana BOP Kesetaraan langsung dari Rekening Kas Umum Negara (RKUN) ke rekening satuan pendidikan untuk mempercepat penerimaan dana BOP Kesetaraan di satuan pendidikan seperti Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) dan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM).

Di sisi lain, melalui Dana BOP Kesetaraan tersebut sebagai salah satu upaya pemerintah guna meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Dengan begitu, setiap satuan pendidikan dapat memberikan pembelajaran yang lebih optimal. Mengingat, penggunaan dana BOP Kesetaraan lebih fleksibel untuk meningkatkan otonomi satuan pendidikan dalam merencanakan sesuai dengan kebutuhan.

Kepala KPPN Watampone, Rintok Juhirman, berharap dengan telah tersalurkannya dana BOP Kesetaraan untuk wilayah Bosowa, maka dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin.

"Tentunya harapan kami dapat segera dimanfaatkan oleh satuan pendidikan penerima guna menunjang kegiatan belajar mengajar sesuai ketentuan yang berlaku secara transparan dan akuntabel," kata Rintok.



Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Bone , Andi Fajaruddin, mengucapkan terima kasih kepada jajaran KPPN Watampone atas percepatan penyaluran anggaran dana BOP kesetaraan.

"Dengan cepatnya penyaluran anggaran BOP kesetaraan membuktikan adanya sinergitas antara pemerintah daerah dengan KPPN Watampone, sehingga dana tersebut dapat dimanfaatkan satuan sekolah dengan baik," kata mantan Kepala BKPDM Kabupaten Bone.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2409 seconds (0.1#10.140)