Imigrasi Polman Gelar Rakor Perkuat Pengawasan Orang Asing

Kamis, 24 Maret 2022 - 14:55 WIB
loading...
Imigrasi Polman Gelar Rakor Perkuat Pengawasan Orang Asing
Suasana Rakor Tim PORA yang digelar Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Polewali Mandar, Rabu (23/3/2022). Foto: Istimewa
A A A
POLMAN - Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Polewali Mandar (Polman) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Pengawasan Orang Asing (PORA) Kabupaten Polewali Mandar di Aula Hotel Ratih, Rabu (23/3/2022).

Rakor Tim PORA ini melibatkan instansi pemerintah daerah, kecamatan, TNI dan kepolisian di Kabupaten Polewali Mandar dalam pengawasan orang asing.

Baca Juga: Imigrasi Polewali Mandar
“Rapat Tim PORA ini dilaksanakan sebagai langkah peningkatan sinergitas antar Instansi dalam pengamanan wilayah Kabupaten Polewali Mandar berkaitan dengan keberadaan dan kegiatan orang asing,” ujar Erybowo Radyan Asmono.

Kegiatan Rakor Tim PORA dibuka secara resmi oleh Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Barat, Andi Pallawarukka.

“Kegiatan Tim PORA merupakan salah satu kegiatan yang telah diamanatkan oleh Perundang-undangan yaitu Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian. Tim PORA ada sebagai wadah pemersatu dari berbagai instansi terkait yang ada di wilayah dalam rangka menjaga keamanan dan kedaulatan negara terkait dengan keberadaan dan kegiatan orang asing di wilayah Republik Indonesia,” kata Andi Pallawarukka.

Ia melanjutkan bahwa Kabupaten Polewali Mandar sebagai bagian dari Provinsi Sulawesi Barat mempunyai potensi yang besar dalam menarik datangnya orang asing ke kabupaten ini. Hal ini lantaran letaknya yang strategis dan mempunyai potensi sumber daya alam dan pariwisata.



“Koordinasi dan pertukaran informasi terkait keberadaan dan kegiatan orang asing dari anggota Tim PORA sangatlah penting. Dengan adanya informasi tersebut, maka Timpora dapat melakukan, analisis dan mengumpulkan bahan keterangan untuk penyusunan rencana selanjutnya,” ujar Andi Pallawarukka.

Dengan Rakor Tim PORA ini merupakan wadah bertukarnya informasi terkait orang asing, diharapkan akan memudahkan dalam melakukan pengawasan terhadap orang asing yang masuk ke wilayah Kabupaten Polewali Mandar dan juga memperkuat koordinasi serta sinergitas antar instansi yang ada di Kabupaten Polewali Mandar.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2578 seconds (0.1#10.140)