Buntut Tahanan Tewas, 4 Oknum Polisi Tersangka dan Kapolsek Dimutasi ke Polda Sumsel

Minggu, 20 Maret 2022 - 12:52 WIB
loading...
Buntut Tahanan Tewas, 4 Oknum Polisi Tersangka dan Kapolsek Dimutasi ke Polda Sumsel
Kapolres Lubuklinggau AKBP Harissandi saat memberikan keterangan. SINDOnews/Era
A A A
LUBUKLINGGAU - Kasus tewasnya Hermanto (41) tahanan Polsek Lubuklinggau Utara memasuki babak baru. Setelah 4 oknum polisi ditetapkan sebagai tersangka , Kapolsek Lubuklinggau Utara dimutasikan ke Polda Sumsel.

Kapolres Lubuklinggau AKBP Harissandi mengatakan, saat ini pihaknya telah menetapkan 4 oknum Polisi dalam kasus tewasnya Hermanto sebagai tersangka pidana umum dari 7 anggota yang menjalani pemeriksaan, termasuk Kapolsek Lubuklinggau Utara.

Dijelaskan Harissandi, semua anggota yang terlibat sudah dinonaktifkan dari jabatannya, termasuk Kapolseknya sudah kita mutasikan dan ditarik ke Polda dalam rangka evaluasi jabatan.

“Empat anggota Polsek sudah kita tetapkan sebagai tersangka, dan Kapolsek juga sudah dimutasikan ke Polda Sumsel,” kata Harissandi.

Dan untuk berkas kita percepat untuk tahap satu yang pidana, sedangkan untuk kode etik anggota masih menunggu saran pendapat ke Bidkum Polda Sumsel.

“Pokonya saya usahakan dalam waktu 2 minggu kita tahap 1, dan saat ini anggota yang telah ditetapkan sebagai tersangka sudah ditahan di sel umum,” jelasnya.

Ditanya terkait kedatangan tim KontraS ke Lubuklinggau, Harissandi menyampaikan bahwa pihaknya sangat merespon baik, hanya apa yang disampaikan KontraS tentang keluarganya tidak dikasih tahu, sejauh mana perkembangan kasus kita.

Sedangkan selama ini kami selalu terbuka semua dari awal, termasuk menyangkut Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan (SP2HP) yang telah kita serahkan ke Sistem Informasi Pengawasan (SIWAS) Negara.

Karena kasus ini laporan model A, dan pihak keluarga sudah melapor ke Propam bukan ke SPKT, karena ini bukan kasus delik aduan, sebab keluarga tidak melapor ke SPKT maka kita terbitkan LP model A. Baca: Temukan Kejanggalan Tewasnya Tahanan Hermanto dalam Sel, KontraS Minta Diusut Tuntas.

Seperti diketahui sebelumnya pelaku tindak pidana Pencurian dengan pemberatan (Curat) bernama Hermanto (41) warga Kelurahan Sumber Agung, Kecamatan Lubuklinggau Utara I, Kota Lubuklinggau tewas saat sedang dilakukan pemeriksaan oleh pihak Kepolisian di Mapolsek Lubuklinggau Utara.

Menurut keluarga, Hermanto ditangkap personel Polsek Lubuklinggau Utara, pada Senin (14/2/2022) sekitar pukul 10.00 WIB saat sedang mengendarai truk molen di dekat rumahnya di Kelurahan Sumber Agung. Baca Juga: Diiming-iming Jajan, Bocah Perempuan 8 Tahun Disetubuhi Kakek Haus Seks.

Keluarga Hermanto, kaget setelah mengetahui Hermanto dikabarkan sudah sudah terbujur kaku di Rumah Sakit, dengan luka di sekujur tubuhnya.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2974 seconds (0.1#10.140)