Sambut Normal Baru, Rumah Makan Lindungi Pelanggan dengan Sekat

Selasa, 16 Juni 2020 - 19:28 WIB
loading...
Sambut Normal Baru, Rumah Makan Lindungi Pelanggan dengan Sekat
Sekat dari pvc dan plastik terpasang disetiap meja makan disalah satu rumah makan di Plaza Marina Surabaya, Jawa Timur, Selasa (16/6/2020). Foto/SINDONews/Ali Masduki
A A A
SURABAYA - Tatanan kehidupan normal baru atau new normal disambut suka cita oleh para pengusaha restoran. Sejumlah upaya pencegahan penularan virus corona mulai dipersiapkan.

Seperti yang terlihat di salah satu rumah makan Plaza Marina Surabaya. Beberapa rumah makan di pasar telepon seluler (ponsel) di Surabaya ini mulai meyiapkan protokol terkait operasional restoran selama era normal baru . (Baca juga: Mengatur Kebiasaan Baru, Bukan Menekan Warga )

Salah satunya yakni restoran Omah Deso. Untuk memastikan keamanan tamu serta karyawan, restoran ini memasang sekat-sekat yang dirangkai dari pvc dan plastik di setiap meja pelanggan.

Desain sekat pun dibuat cukup menarik. Di samping kanan dan kiri bisa dimanfaatkan untuk tempat draf menu. Sehingga para tamu tidak harus menyentuh saat akan memesan makanan. Sedang sisi lainnya bisa digunakan untuk menaruh face shield dan masker.

Bahkan para pekerja restoran, mulai dari chef, pramusaji hingga kasir juga dilengkapi dengan alat pelindung diri (APD) berupa face shield, masker dan sarung tangan.

"Hal itu supaya tidak ada kontak fisik antara pengunjung dengan kami, menunya kita gantung. Jika mereka order kami langsung bikin tulisan," kata Nur Khasanah, pada SINDOnews.com, Selasa (16/6/2020).

Karyawan restoran Omah Deso itu mengakui, adanya protokol normal baru yang diterapkan memang butuh penyesuaian. Apalagi jika ada pelanggan yang datang bergerombol dan minta berada dalam satu meja. Padahal di restorannya dalam satu meja hanya bisa ditempati maksimal dua orang. "Otomatis kami gabungkan, tapi tetap ada sekat," kata dia.

Sementara itu, General Manajer Plaza Marina, Fransisca Maria Budiman, mengatakan, sejak beberapa waktu lalu pihaknya sudah menerapkan protokol ketat bagi pengunjung Plaza Marina Surabaya. Setiap pengunjung yang masuk mall wajib mengenakan masker dan face shield. Sedangkan untuk restoran, pihaknya menyarankan supaya mengikuti protokol yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Manajemen Plaza Marina menyerahkan desain sekat pada setiap restoran yang beroperasi di masa new normal ini. Pihaknya hanya memberikan arahan sesuai perwali yang diterima.

"Pada prinsipnya antara pintu masuk dan pintu keluar setiap restoran harus dipisahkan, semaksimal mungkin tidak menyentuh dan pindah-pindah tangan," kata dia.

Menurut dia, desain sekat yang dihadirkan oleh Omah Deso itu cukup menarik dan dapat memberi rasa nyaman bagi calon pelanggan. "Ini baru berjalan beberapa hari. Ketika kami sudah terima Perwali, di sana sudah membolehkan dengan pembatasan 50%," kata dia.

Dia berharap, dengan adanya tatanan baru dan penerapan protokol kesehatan di rumah makan ini bisa membangkitkan gairah pada pengusaha restoran. "Selama pandemi restoran sangat terpukul. Semoga kali ini kembali bangkit dan bergairah," pungkas dia.
(nth)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1489 seconds (0.1#10.140)