PDSKU Universitas Diponegoro Segera Miliki Kampus di Batang

Selasa, 16 Juni 2020 - 17:21 WIB
loading...
PDSKU Universitas Diponegoro Segera Miliki Kampus di Batang
Bupati Wihaji menyerahkan sertifikat hibah tanah Pemkab Batang untuk kampus PSDKU kepada Rektor Undip Yos Johan Utama di Desa Tumbrep Bandar. Foto/Ist
A A A
BATANG - Program Studi di luar Kampus Utama (PSDKU) Universitas Diponegoro (Undip) Batang segera memiliki kampus utama yang berlokasi di Desa Tumbrep, Kecamatan Bandar.

"Berdirinya PSDKU Undip diharapkan bisa meningkatkan nilai Indek Pembangunan Manusia di Batang," kata Bupati Batang Wihaji, Selasa (16/6/2020). Selain itu, untuk mendukung Heaven of Asia dan tahun kunjungan wisata 2022, kampus Undip di Batang didesain sebagai green campus yang ramah lingkungan untuk mendukung potensi wisata. (Baca juga: Rapid Test di Panti Jompo di Rembang Hasilnya Mengejutkan, 6 Orang Reaktif COVID-19)

Wihaji menyampaikan, Pemkab telah menyerahkan sertifikat hibah tanah seluas 9,4 hektare, karena merupakan impian lama masyarakat Batang yang mendambakan berdirinya perguruan tinggi. "Keberadaan kampus Undip memiliki multiplier effect, karena tidak hanya pendidikan tapi juga membuka simpul ekonomi baru,” ujarnya. (Baca juga: 5 Warga Positif COVID-19, Grobogan Terganjal Menuju New Normal)

Assisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Batang, Retno Dwi Irianto mengatakan, satu minggu yang lalu tim perencana pembangunan kampus (SPDKU) telah melakukan kunjungan ke lokasi kampus. Kunjungan dipimpin Kepala Bidang Perencana Undip, Purwanto, didampingi Direktur PSDKU Redyanto, dekan fakultas Peternakan Bambang.

Dia menambahkan, kedatangan mereka untuk persiapan rencana pembangunan kampus yang dikembangkan menjadi pusat pendidikan, penelitian, teaching factory dan eduwisata tekhnopark serta pengembangan domba dan minyak astiri.

"Pembangunan tahap pertama dianggaran Rp10 miliar untuk membangun gedung 3 lantai, yakni ruang kuliah, ruang dosen, ruang administrasi dan perkantoran. Rencananya peletak batu pertama bulan Juli dan kalau tepat waktu Desember 2020 bisa ditempati untuk perkuliahan," ungkap Retno yang juga menjabat Ketua IKA Undip Batang.

Perencanaan kawasan kampus akan disinergikan dengan perencanaan kebijakan makro pemerintah Kabupaten Batang. PSDKU Undip Batang sudah dua tahun berdiri yang menempati eks gedung Kantor Dinas Pertanian Batang Jalan Dr. Wachidin Kauman, Kecamatan Batang, yang digunakan prodi D-3 Administrasi Pajak dan D-3 Hubungan Masyarakat.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1698 seconds (0.1#10.140)