TNI Masuk ke Sekolah Prihatin Banyak Siswa Tak Hafal Pancasila

Rabu, 16 Maret 2022 - 16:22 WIB
loading...
TNI Masuk ke Sekolah Prihatin Banyak Siswa Tak Hafal Pancasila
Sejumlah siswa di SMPN 3 Ngawi kaget saat Koramil Ngawi Kota mendadak masuk ke dalam kelas untuk menguji para siswa. Foto: iNewsTV/Asfi Manar
A A A
NGAWI - Prihatin banyaknya siswa sekolah di Ngawi yang tidak hafal butir-butir Pancasila membuat jajaran Kodim 0805 Ngawi blusukan masuk ke sekolah-sekolah.

Keprihatinan jajaran Kodim 0805 Ngawi itu setelah menyaksikan video viral siswa SMK Ngawi yang tidak hafal butir-butir Pancasila.

Karena itu, Dandim 0805 Ngawi, Letkol Infantri Adi Wirawan memerintahkan anak buahnya untuk turun ke lapangan menyasar sekolah.

TNI Masuk ke Sekolah Prihatin Banyak Siswa Tak Hafal Pancasila



Seperti yang dilakukan di SMPN 3 Ngawi oleh Koramil Ngawi Kota dengan mendadak masuk ke dalam kelas untuk menguji para siswa.

Akibatnya, banyak siswa yang kedapatan tidak hafal butir-butir Pancasila dan kelipungan ketika ditodong mengucap urutan sila dari pancasila.



“Pembiasaan membaca Pancasila dirasa kurang sehingga banyak murid yang kurang hafal,” kata Wakasek SMPN 3 Ngawi, Nuryadi Putra.

Tidak hanya sekolah, sosialisasi dan penguatan tentang nilai pancasila juga dilakukan kepada masyarakat melaui program kampung pancasila.



“Program kampung pancasila dan blusukan ke sekolah ini dilakukan karena semakin lunturnya pemahaman pancasila di kalangan pelajar dan masyarakat,” kata Dandin 0805 Ngawi, Letkol Inf Adi Wirawan.

Program kampung pancasila merupakan inisiatif dari Kepala Staf Angkatan Darat, Jendral TNI Dudung Abdurrahman untuk dilakukan oleh jajaran TNI-AD.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1836 seconds (0.1#10.140)