Demo Tolak Pemekaran di Yahukimo Berujung Amuk Massa, 2 Orang Tewas Tertembak

Selasa, 15 Maret 2022 - 18:24 WIB
loading...
Demo Tolak Pemekaran di Yahukimo Berujung Amuk Massa, 2 Orang Tewas Tertembak
Demo menolak pemekaran atau daerah otonomi baru (DOB) yang berlangsung di Yahukimo, Papua berujung rusuh. Dua warga tewas saat demo berlangsung anarkhis. Foto/Ist
A A A
YAHUKIMO - Demo menolak pemekaran daerah atau daerah otonomi baru (DOB) yang berlangsung di Yahukimo, Papua berujung rusuh. Dua warga tewas saat demo berlangsung anarkis.

Demo Tolak Pemekaran di Yahukimo Berujung Amuk Massa, 2 Orang Tewas Tertembak


Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri mengakui anggota Polres Yahukimo terpaksa mengambil tindakan tegas terhadap pendemo karena melakukan aksi anarkistis. Di antaranya membakar ruko yang ada di dekat kantor Kominfo di Dekai, Yahukimo.



"Dua warga dilaporkan meninggal yakni Yakob Dell (30) dan Erson Weibsa (20). Dua orang yang mengalami luka tembak yaitu Itos Itlay dan Lucky Kobak serta seorang anggota Polres Yahukimo dilaporkan terluka yakni Briptu Muhammad Aldi," kata Kapolda, Selasa (15/3/2022).

Mathius Fakhiri menambahkan, dari laporan yang diterima aksi demo menolak pemekaran yang berlangsung sekitar pukul 10.00 WIT dan dipusatkan di halaman kantor Kominfo Kabupaten Yahukimo di Dekai.

Awalnya, aksi demo berlangsung aman. Namun tiba-tiba para pendemo melakukan aksi perusakan dan membakar ruko yang ada di sekitar kantor Kominfo Yahukimo. Sehingga anggota polisi terpaksa melakukan tindakan tegas.

"Aparat keamanan harus mengambil tindakan tegas guna menyelamatkan masyarakat lainnya termasuk yang berada di ruko yang dibakar, apalagi aksi pembakaran yang dilakukan tersebar di beberapa lokasi," ungkapnya.



Kapolda belum bisa memastikan apakah ada keterlibatan KNPB dalam aksi tersebut atau tidak walaupun dilaporkan banyak diantara pendemo yang menggunakan seragam KNPB.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5258 seconds (0.1#10.140)