Dilantik Pimpin DPD Demokrat Kaltim, Irwan Sampaikan Pidato Perdana

Jum'at, 11 Maret 2022 - 21:08 WIB
loading...
Dilantik Pimpin DPD Demokrat Kaltim, Irwan Sampaikan Pidato Perdana
Ketua DPD Partai Demokrat Kaltim periode 2022-2027, Irwan bersama dengan 136 pengurus lainnya dilantik di Samarinda, Kaltim. Foto/Ist
A A A
SAMARINDA - Anggota DPR RI Dapil Kalimantan Timur (Kaltim), Irwan dilantik menjadi Ketua DPD Partai Demokrat Kaltim periode 2022-2027 bersama dengan 136 pengurus lainnya di Hotel Grand Mercure, Samarinda, Kaltim, Jumat (11/3/2022).

Dalam pidato perdananya, Irwan menyampaikan tiga catatan terhadap pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di tanah Kaltim, sebagai amanat dari Undang-Undang No 3 tahun 2022 tentang IKN telah diteken Presiden Jokowi.



“Oleh sebabnya penting untuk saya sampaikan tentang catatan dari Partai Demokrat DPR RI terkait dengan IKN yang akan dibangun di sebagian wilayah provinsi Kalimatan Timur,” kata Irwan.

Dia pun teringat pernyataan Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bahwa membangun ibu kota hakikatnya adalah membangun kehidupan, membangun sistem, bukan sekedar membangun infrastuktur fisik.

Untuk itu, dia menyampaikan tiga catatan untuk IKN. Pertama, perihal waktu yang tidak bisa dilakukan dengan terburu-buru.

“Penting untuk menyempurnakan semua konsep dan proses menuju IKN,” ujarnya.

Kedua, Anggota Komisi V DPR ini melanjutkan, masalah lingkungan. Dalam pembangunan IKN ini, penting untuk juga melakukan pengelolaan lingkungan hidup yang bekelanjutan (environtmental sustainable development).



Dan terakhir, kata Irwan, kajian terkait keamanan dan pertahanan yang juga menjadi catatan kritis Partai Demokrat, bahwa keamanan dan pertahanan pada IKN harus sangat diperhatikan, mengingat rencana lokasi dari IKN itu sendiri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1991 seconds (0.1#10.140)