Naik Kereta Tak Perlu Swab, Daop II Tetap Sediakan Tes Antigen

Rabu, 09 Maret 2022 - 15:26 WIB
loading...
Naik Kereta Tak Perlu Swab, Daop II Tetap Sediakan Tes Antigen
PT KAI daop II tetap menyediakan tes antigen bagi calon penumpang kereta api.Foto/ilustrasi
A A A
BANDUNG - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop II Bandung telah mulai memberlakukan persyaratan perjalanan tanpa hasil tes antigen atau PCR. Kendati begitu, KAI tetap menyediakan corner antigen bagi penumpang yang belum vaksinasi.

"Pelaku perjalanan kereta api wajib menunjukkan kartu vaksin dosis lengkap, dengan minimal dosis kedua atau vaksinasi dosis ketiga (booster). Sehingga penumpang tidak diwajibkan lagi menunjukan hasil negatif tes PCR atau rapid test antigen, " jelas Manajer Humas Daop II Bandung Kuswardoyo.

Baca juga: Bandara Husein Bandung Mulai Berlakukan Penerbangan Tanpa Swab

Menurut dia, PT Kereta Api Indonesia (Persero) sebagai operator moda transportasi kereta api berkomitmen mendukung segala kebijakan Pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19 di sektor transportasi. Dengan diberlakukannya SE Kemenhub terbaru ini kami mengimbau para pelanggan KA dapat menyesuaikan dan memperhatikan persyaratan yang berlaku.

Sejak diberlakukannya SE Kemenhub Nomor 25 Tahun 2022 pada hari ini, maka SE Kemenhub Nomor 97 Tahun 2021 dicabut dan dinyatakan tidak berlaku.

Meski terdapat perubahan pemberlakuan persyaratan perjalanan KA, namun PT KAI Daop 2 Bandung masih akan membuka layanan pemeriksaan Antigen di stasiun keberangkatan KAJJ bagi calon penumpang dengan vaksin dosis pertama atau kepentingan medis khusus/komorbid dengan biaya pemeriksaan sebesar Rp 35.000.

Saat ini, terdapat delapan stasiun yang melayani layanan Antigen di area Daop 2 Bandung, antara lain Stasiun Bandung, Cimahi, Kiaracondong, Purwakarta, Cipendeuy, Tasikmalaya, Banjar dan Ciamis.

Selama masa pandemi, KAI terus mengedepankan protokol kesehatan secara konsisten. Sebagai bentuk dukungan penuh maka sejumlah aturan yang diterapkan pada perjalanan KA juga mengacu pada kebijakan pemerintah.

Dari sisi prasarana stasiun dan sarana kereta, seluruh area dan perangkat yang rentan disentuh banyak orang dibersihkan menggunakan cairan disinfektan secara rutin, penyediaan perangkat pembersih tangan seperti cairan antiseptik dan perangkat cuci tangan yang dilengkapi sabun dipastikan selalu tersedia dan berfungsi baik.

"KAI akan terus berupaya memberikan layanan terbaik bagi semua stakeholder yang ada, pastikan informasi yang Anda terima hanya dari sumber resmi yang terpercaya. Mari jadikan perjalanan kereta api Anda menjadi perjalanan yang aman, nyaman dan sehat untuk kita semua," tutup Kuswardojo.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1523 seconds (0.1#10.140)